Kesan Tokoh Pendidikan di Bali dari Sosok Menteri PPPA Bintang Puspayoga

    


Gusti Ayu Bintang Darmavati - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Salah satu putri daerah Bali kembali mengisi kursi menteri di Kabinet Indonesia Maju. Gusti Ayu Bintang Darmavati, sosok yang selama ini mendampingi, Menteri Koperasi Anak Agung Gde Ngurah Puspayoga, ditunjuk sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) oleh Presiden Joko Widodo.

Lantas seperti apa kiprah perempuan yang akrab disapa Bintang Puspayoga ini di Desa asalnya, Banjar Belaluan Sad Merta, jalan Rambutan, Dangin Puri Kauh, Denpasar Utara.

I Gusti Bagus Artha Negara, tokoh pendidikan di Bali yang tinggal bertetangga dengan Bintang Puspayoga mengungkapkan, keseharian perempuan kelahiran 24 November 1968 itu, sangat aktif di berbagai bidang kegiatan kemasyarakatan.

Ketua Yayasan IKIP PGRI Bali I Gusti Bagus Artha Negara - foto: Koranjuri.com

Ketua Yayasan IKIP PGRI Bali I Gusti Bagus Artha Negara – foto: Koranjuri.com

“Dia cukup aktif dan selalu terlihat di Banjar (aktifitas desa adat) kalau ada kegiatan, jadi ya cukup aktif dengan banyak kegiatan,” jelas Ketua Yayasan IKIP PGRI Bali ini, Rabu, 23 Oktober 2019.

Selain aktif berkegiatan di Banjar, Srikandi asal Bali itu juga punya pengalaman berjenjang mendampingi sang suami, Anak Agung Gde Ngurah Puspayoga yang kala itu menjabat sebagai Walikota Denpasar, Wakil Gubernur Bali dan Menteri Koperasi dan UMKM di Kabinet Kerja.

Bintang Puspayoga aktif di Dewan Kerajinan Nasional (Dekarnas), menjabat sebagai Ketua Bidang Manajemen Usaha. Dalam mendampingi suami, I Gusti Ayu Bintang Darmavati juga aktif dalam memberdayakan perempuan saat menjabat sebagai Ketua Bidang II Penggerak PKK. Di Kabinet Kerja, peran Bintang Puspayoga layak diperhitungkan ketika duduk di jabatan Ketua Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga Besar Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE).

“Bangga tentunya, apalagi beliau masih muda dilihat dari umurnya yang masih muda, namun pas di usia matang dalam memimpin sebuah organisasi, ditambah pengalaman birokrasi yang sudah dilalui bersama suami,” ujarnya demikian.

“Beliau orangnya sederhana dan beliau kuliah di Ngurah Rai, dan kebetulan satu almamater dengan anak saya, jadi sedikit banyak saya paham karakter dan kiprahnya,” tambah Arthanegara.

Dari sejarahnya, Gusti Ayu Bintang Darmavati masuk dalam kerabat Puri Agung Satria dari sang suami Anak Agung Ngurah Puspayoga. Bintang Puspayoga juga merupakan kader PDIP.
(Way)