Kerja Bareng Kodam IX/Udayana Gelar Baksos Peringati HUT TNI Ke-73

    


Kodam IX/Udayana menggelar kegiatan Karya Bhakti dan Bhakti Sosial dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Tentara Nasional Indonesia. Kegiatan itu dipusatkan di 5 Desa Pakraman yakni, Desa Blangsinga, Desa Banda, Desa Saba dan Desa Bone - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Kodam IX/Udayana menggelar kegiatan Karya Bhakti dan Bhakti Sosial dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Tentara Nasional Indonesia. Kegiatan itu dipusatkan di 5 Desa Pakraman yakni, Desa Blangsinga, Desa Banda, Desa Saba dan Desa Bone.

Panglima Kodam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto menjelaskan, pokok-pokok kegiatan meliputi penanaman pohon, pembersihan lingkungan dan tempat suci (tempat Ibadah), bedah rumah, serta pemberian sembako. Kegiatan mengerahkan ribuan personel dari unsur TNI 1. 200 orang, Krisna 300 orang dan Masyarakat  dari 5 Desa Pakraman 1. 400 orang.

“Ini sebagai salah satu metoda dalam mengaplikasikan semangat Tri Hita Karana, untuk membangun dan mewujudkan hubungan yang harmonis antara manusia dengan sesamanya, hubungan manusia dengan alam lingkungan dan hubungan manusia dengan Sang Penciptanya,” jelas Benny Susianto.

Konsep tersebut menurutnya, sudah menjadi jiwa dan semangat masyarakat Bali yang senantiasa mewarnai kehidupan dalam kesehariannya.
 
Baksos dilakukan dengan penanaman pohon yang dilaksanakan di 5 Desa Pakraman dengan menanam 6.000 bibit dari tiga jenis pohon, antara lain Cempaka, Tabe Buya dan Jambu Kristal sebanyak 2.000 pohon.

Selain itu, juga pemberian sembako kepada masyarakat yang kurang mampu dan bedah rumah.

“Kegiatan ini diharapkan akan dapat membantu kesulitan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan sandang dan papan sebagai cerminan dalam upaya menjaga keharmonisan hubungan antara manusia dengan sesamanya, sedangkan kegiatan pembersihan lingkungan dan tempat suci (tempat Ibadah) dilaksanakan sebagai pengejawantahan dari keharmonisan hubungan antara manusia dengan Sang penciptanya,” ujarnya.
 
 
Sementara, Desa Blangsinga dipilih sebagai tempat pelaksanaan karya bhakti karena sebagai desa wisata.

“Sudah sepatutnya dipelihara dan dijaga secara bersama baik dari segi kebersihan, kenyamanan, keamanan, keindahan, keasrian dan kelestariannya sehinga desa wisata ini tetap ajeg dan menjadi objek wisata yang potensial serta menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun manca negara,” jelas Pangdam.
 
Kegiatan tersebut dihadiri para pejabat teras Kodam IX/Udayana antara lain Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Para Asisten, Para Perwira Ahli, LO-AL, LO-AU, para Komandan dan Kabalak Kodam IX/Udayana, Pj. Bupati Gianyar, I Ketut Rochineng,  serta Owner Krisna Holding Company, para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat dari 5 Desa di Kecamatan Blahbatuh,  Kabupaten Gianyar. (*)