Kelabui Petugas Saat Menjalani Pemeriksaan Narkoba, Bule Australia Kabur

    


Wadir Reserse Narkoba Polda Bali, AKBP Sudjarwoko menunjukkan foto turis Australia Joshua James Baker - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Joshua James Baker (32) seorang warga Australia dirazia oleh petugas Bea Cukai Denpasar pada Senin, 9 Oktober 2017. Dari penggeledahan di kamarnya, petugas mendapati Baker menyimpan ganja yang telah dicampur dengan tembakau seberat 28,02 gram dan 37 butir pil diazepam. Baker sempat melarikan diri meski akhirnya berhasil ditangkap lagi.

Dari kantor Imigrasi Ngurah Rai, penanganan hukumnya kemudian dilimpahkan ke Polda Bali. Wadir Reserse Narkoba Polda Bali, AKBP Sudjarwoko menjelaskan detail tentang proses pemindahan Joshua J. Baker.

“JJB ini kemudian dilimpahkan ke Polda Bali termasuk barang buktinya, di hari yang sama (Senin, 9/10/2017) sekitar pukul 11.00 wita,” jelas AKBP Sudjarwoko, Rabu, 11 Oktober 2017.

Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, Joshua James Baker akhinya dirujuk ke RS Polri Trijata untuk menjalani observasi. Sudjarwoko menjelaskan, observasi tidak bisa seketika selesai namun pasien (Joshua James Baker) diharuskan menginap di rumah sakit.

Beberapa petugas polisi pun melakukan penjagaan dan memantau perkembangan ‘pasien’ asal Australia itu. Pada Selasa (10/10/2017) dini hari, sekitar pukul 02.00 wita, Baker meminta ijin kepada petugas untuk ke toilet. Namun setelah sekian lama ditunggu ternyata James J Baker tak kunjung kembali.

Setelah pintu toilet didobrak, ternyata Joshua James Baker sudah menghilang. Di toilet itu, lobang ventilasi juga sudah lepas kaca penutupnya.

“Petugas kami lengah karena keasyikan nonton TV. Karena lebih dari 15 menit, didobraklah pintu dan orang ini sudah tidak ada di kamar mandi,” jelas AKBP Sudjarwoko.

Malam itu juga, polisi bergerak memburu pelaku. Polisi juga menyebar foto Joshua J Baker ke sejumlah hotel dan penginapan. Kuat dugaan, sebelum kabur, Joshua J. Baker singgah di sebuah retail moderen yang buka 24 jam dan dugaan itu pun benar. Dari seorang karyawan toko, diketahui Baker meminjam telepon untuk memesan ojek online.

Ia bergerak menuju Canggu, Kuta Utara menemui kawannya. Lalu berlanjut ke Nusa Dua dengan menggunakan taksi. Hingga pada pagi harinya, kata AKBP Sudjarwoko, petugas masih memburu Joshua J Baker. Disitu diketahui, Baker berada di sebuah hotel.

“Ada karyawan hotel yang menghubungi kami melihat ciri-ciri orang yang dimaksud dalam foto. Petugas pun bergerak dan berhasil menangkapnya kembali,” kata Sudjarwoko.

Polisi sampai saat ini masih memeriksa Joshua James Baker. “Pengakuan sementara, yang bersangkutan sebagai pengguna, tapi masih kita kembangkan lagi,” jelas Wakil Direktorat Reserse Narkoba Polda Bali, AKBP Sudjarwoko. (*)