Keketuaan Indonesia di Forum ASEAN Dorong Kerjasama dan Keamanan di Kawasan Pasifik

    


Indonesia Pasific Forum for Development (IPFD) di Nusa Dua Bali, 7-8 Desember 2022 - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Negara-negara Pasifik dan Indonesia memiliki banyak tantangan yang sama. Memperkuat hubungan dengan negara Pasifik menjadi salah satu prioritas politik luar negeri Indonesia selama 8 tahun terakhir.

Indonesia Pasific Forum for Development (IPFD) yang dilaksanakan di Nusa Dua Bali pada 7-8 Desember 2022 merupakan platform untuk keterlibatan yang lebih besar antara Indonesia dan Pasifik.

Terkait hal itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut, ada tiga hal yang difokuskan dalam IPFD yakni, mempertahankan Pasifik sebagai kawasan yang damai, aman dan sejahtera.

“Agar hal ini terjadi, kita harus memupuk kepercayaan strategis dan semangat kolaborasi, serta menghormati prinsip dasar hukum internasional, termasuk kedaulatan dan integritas teritorial,” kata Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, Rabu, 7 Desember 2022.

Pasifik, kata Menlu, harus menjadi bagian integral yang tak terpisahkan dari kawasan Pasifik yang damai, stabil, dan makmur.

“Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun depan akan mendorong keterlibatan yang lebih besar antara ASEAN dan Pasifik, termasuk dalam implementasi ASEAN Outlook on the Indo Pacific,” imbuhnya.

Fokus IPFD yang kedua adalah mengembangkan kerja sama yang konkret. Dikatakan Retno, kolaborasi dimulai dengan isu-isu bersama, seperti ketahanan pangan, perubahan iklim, dan pengurangan risiko bencana.

Selain itu juga memajukan kerja sama ekonomi laut yang berkelanjutan. Kolaborasi yang lain adalah mempromosikan hubungan yang lebih kuat dengan negara pasifik melalui pendidikan, olah raga dan pertukaran budaya.

Fokus IPDF yang terakhir yang akan dibahas adalah memastikan platform pembangunan yang komprehensif dan inklusif.

“Kita harus membuka pintu kerjasama pembangunan dengan negara manapun tanpa kecuali,” ucap Menlu Retno Marsudi.

IPFD akan membantu menghubungkan negara-negara Pasifik dengan mitra pembangunan dari kawasan dan sekitarnya. (Way)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS