Kebut Vaksinasi untuk Guru, Gibran Ingin Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli

    


Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka bersma guru dan para siswa - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka berharap pembelajaran tatap muka (PTM) untuk tahun ajaran baru bisa dilakukan Juli tahun ini.

Untuk itu, pihaknya mempercepat proses vaksinasi Covid-19 untuk prngajar yang saat ini sudah berjalan di sejumlah sektor lainnya.

“Kami terus kejar vaksinasi untuk guru dan staf sekolah. Kita yakinkan kepada orang tua bahwa anak-anak dalam keadaan aman saat ke berkatifitas di sekolah,” papar Gibran.

Gibran menuturkan, belum ada instruksi apapun dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait dengan vaksinasi pada para siswa. Menurutnya, vaksinasi bukan digunakan untuk kekebalan individu tetapi untuk kekebalan kelompok.

“Kalau para guru dan staf sekolah sudah tervaksin, otomatis ekosistem sekolah juga akan terlindungi terutama anak-anak. Saya mohon juga kerja sama pada orang tua agar anak-anak tetap diantar-jemput,” kata dia.

Menurutnya, pengawalan itu penting untuk memastikan anak-anak tetap berada dalam keadaan sehat dan jangan dipaksa untuk masuk sekolah ketika kondisi anak sedang tidak fit.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan, dalam waktu dekat akan melakukan vaksinasi pada guru SMP dan SMA.

“Mudah-mudahan bulan Maret ini bisa kita lakukan proses vaksinasi pada guru SMP dan SMA. Jumlah totalnya masih kita koordinasikan dengan beberapa lembaga terkait,” jelas Ning.

Ning menambahkan, guru SMP dan SMA jadi prioritas karena tingkat pendidikan ini akan segera melakukan PTM.

“Semua penting tapi diantara semua yang penting kan ada yang lebih penting. Intinya masyarakat tidak usah resah akan tiba waktunya semua mendapat giliran,” kata Ning. (her)