Ke Bali Jangan Lewatkan Menjelajah di Pulau Lembongan

    


Hamparan pantai terlihat dari atas tebing di Nusa Ceningan - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Banyak sudah pelancong yang menghabiskan waktu di pulau Bali dan mengeksplorasi sisi-sisi unik di pulau berjuluk seribu pura itu. Tapi tahukah, di sebelah tenggara pulau Bali terdapat serpihan pulau kecil yang disebut Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Dua pulau mungil ini menyimpan panorama yang tak kalah indah dengan pulau induknya, Pulau Bali.

Berada di pulau yang sunyi sepi dan jauh dari keramaian kota, pelancong tidak perlu harus menginap berhari-hari disana. Karena operator jasa penyeberangan membuka layanan tiket pulang-pergi untuk wisatawan yang hanya ingin sekedar singgah selama sehari penuh.

Penyebarangan pertama dari dermaga yang ada Sanur dimulai pukul 07.30 wita dan perjalanan balik dari dermaga Tanjung Sang Hyang, Nusa Lembongan terakhir dilayani pukul 04.00 wita.

“Operator juga menyesuaikan dengan kebutuhan para tamu. Kalau permintaan banyak, kita akan layani sampai terakhir pukul 04.00 wita. Intinya, setiap hari kita melayani penyeberangan pulang balik,” kata petugas jasa penyeberangan fastboat di Tanjung Sang Hyang, Nusa Lembongan.

Salah satu spot untuk bermain surfing di Nusa Ceningan - foto: Koranjuri.com

Salah satu spot untuk bermain surfing di Nusa Ceningan – foto: Koranjuri.com

Harga ‘berlayar’ tiket domestik untuk sekali jalan dengan kapal cepat sebesar Rp 70 ribu. Harga itu berbeda dengan wisatawan mancanegara yang tiket sekali jalan tarifnya diatas Rp 150 ribu. Bagi yang ingin menginap, fasilitas akomodasi seperti penginapan, banyak tersedia di Nusa Lembongan. Untuk wisatawan lokal harga penginapan kisaran Rp 350 ribu hingga Rp 500 ribu per hari. Untuk jenis kamar yang sama, harga bule lebih mahal.

Penyeberangan dari Sanur akan membelah Selat Badung dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. Perahu cepat itu akan mendarat di dermaga tunggal Tanjung Sang Hyang. Selanjutnya, untuk mengeksplorasi spot wisata disana, pelancong diberikan dua pilihan moda transportasi. Untuk rombongan bisa menyewa mobil bak terbuka yang sudah dimodifikasi untuk mengangkut wisatawan dalam jumlah banyak.

foto: Koranjuri.com

foto: Koranjuri.com

Tapi untuk para backpacker dan wisawatan dalam jumlah kecil bisa menyewa sepeda motor. Harganya cukup murah sehari Rp 50 ribu. Yang menarik disini, hampir semua kendaraan yang ada di Nusa Lembongan tidak dilengkapi dengan plat nomor. Begitu kita menyatakan mau sewa sepeda motor, pemilik jasa rental langsung memberikan kunci dan langsung bisa tancap gas. Tak perlu ribet dengan urusan harus meninggalkan kartu identitas tertentu.

“Kalau disini tidak pakai helem masih aman pak,” ujar pegawai di salah satu jasa rental sepeda motor.

Namun urusan kelengkapan sepeda motor yang kondisinya apa adanya itu dalam waktu dekat tentunya akan segera ditertibkan. Karena di wilayah itu sekarang lagi dibangun Markas Kepolisian Subsektor. Sebelumnya tidak ada.

Jangan Takut Tersesat

Hits: 0