Kawasan Rawan Longsor Disasar Kegiatan TMMD

    


Dandim 0708 Letkol Inf Aswin Kartawijaya, saat meninjau kesiapan TMMD di Desa Wonosido, Senin (20/3) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Desa Wonosido, Kecamatan Pituruh, Purworejo, ditargetkan oleh Kodim 0708 Purworejo, menjadi lokasi program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) 2017, yang rencananya akan dilaksanakan awal April mendatang.

Daerah yang rawan longsor ini, letaknya memang jauh dari pusat kota. Akses menuju ke desa ini sangat terbatas, hingga menyebabkan Desa Wonosido sulit dijangkau. Selain itu, kondisi tidak layak juga masih ditemukan dibanyak tempat.

“Itulah alasannya, kenapa Desa Wonosido dijadikan sasaran dalam program TMMD tahun 2017,” demikian dikatakan Dandim 0708 Purworejo, Letkol Inf Aswin Kartawijaya, Senin (20/3).

Secara umum, tujuan pelaksanaan TMMD kali ini, jelas Aswin, untuk membantu masyarakat dalam memperbaiki sarana transportasi, infrastruktur, mempercepat pembangunan, serta sebagai wahana kebersamaan , meningkatkan rasa persatuan, menggugah sifat gotong royong masyarakat guna mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Sasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan TMMD, lanjut Aswin, membantu pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, memperlancar arus transportasi serta sebagaj sarana menanamkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme masyarakat.

“Semoga bisa memberikan banyak manfaat dan kegunaan bagi masyarakat. Bersama dan untuk rakyat. Kami TNI bekerja memberikan yang terbaik dari yang kami punya, akan selalu ikhlas terus mengabdi demi demi kebaikan dan kemajuan bangsa Indonesia,” tandas Dandim Purworejo.

Diungkapkan lebih jauh oleh Aswin, dalam TMMD rencananya akan dilakukan rehab 15 rumah warga, pembuatan 10 MCK, renovasi Mushola 1 unit, pembangunan 1 unit pos ronda dan gorong gorong bis beton 16 unit, rabat beton 1.200×3 m dan pembangunan talud serta pembuatan parit 2.400 m.

Personel yang dilibatkan, dari Tim asistensi/penyuluh, Kodim Purworejo, Polres, Pemkab Purworejo. Selain itu juga dari Personil TNI AL, Zeni, Yonarmed 3, Medis dari Satuan Kesehatan dan dari TNI AU.

Terpisah, Bupati Purworejo Agus Bastian, M.M. menyampaikan apresiasi dan terimaksih atas adanya program TMMD ini, karena sangat membantu pemerintah Purworejo dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.(jon)