Karya Fotografi dan Lukisan Wonderful Purworejo Dipamerkan

    


Bupati Agus Bastian, saat meninjau pameran foto dan lukisan bertema Wonderful Purworejo, di Warung Bogowonto, Kelurahan Pangenrejo, RT 2 RW 7, Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebanyak 17 foto karya fotografer Agus Kumis dan 8 lukisan karya pelukis Bramantyo AS, dipamerkan dalam Pameran Foto dan Lukisan bertema Wonderful Purworejo, di Warung Bogowonto, Kelurahan Pangenrejo, RT 2 RW 7, Purworejo.

Pameran yang berlangsung selama empat hari itu, dari Jum’at (10/8) hingga Senin (13/8) itu, dibuka secara resmi oleh Bupati Purworejo Agus Bastian, Jum’at (10/8), dengan dihadiri Ketua Dewan Kesenian Purworejo, Angko Setiyarso Widodo, serta segenap tamu undangan.

Dalam sambutannya, Agus Bastian menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya pameran tersebut, yang merupakan hasil kerja bareng Warung Bogowonto,Bagelen Movie Community dan Sanggar Lukis Tanah Air.

“Mudah-mudahan dengan semakin banyaknya agenda event di Kabupaten Purworejo, akan mampu mengangkat potensi-potensi yang kita miliki,” ujar Agus Bastian.

Seni, kata Agus Bastian, merupakan bagian yang penting dari peradaban, karena seni adalah pernyataan sikap, ekspresi pikiran, ekspresi konstruksi kejiwaan. Seni acapkali menggambarkan ketinggian budi dan kemuliaan gagasan, yang memiliki kontribusi besar dalam melembutkan batin dan melembutkan jiwa.

“Harus diakui, bahwa untuk bisa memahami hasil karya seni, memang tidak semudah memahami karya seni lainnya. Karena di dalam sebuah hasil karya seni lukis, mengandung simbol-simbol yang memerlukan interpretasi tersendiri,” kata Agus Bastian.

Lokasi pameran sendiri, menurut Agus Bastian, sangat eksotis. Dia berharap, masyarakat bisa menggali dan memanfaatkan banyak spot, sehingga di tahun 2020, tahun kunjungan wisata Romansa Purworejo dapat berjalan dengan baik.

“Dengan event seperti ini, bisa berdampak positif, dan meningkatkan kunjungan wisata ke Purworejo,” kata Agus Bastian, yang langsung melakukan peninjauan, dengan melihat foto dan lukisan yang dipamerkan.

Terpisah, Sumbogo, selaku panitia pameran menjelaskan, untuk mendukung kegiatan tersebut, juga diadakan kegiatan lomba mewarnai, lomba melukis, dan lomba foto Smartphone. (Jon)