Karnaval dan Grebeg Kamardikan, Meriahkan HUT RI Ke-74 di Purworejo

    


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Agung Wibowo, didampingi Plh Kabag Humas Bambang Gatot Seno Aji - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Memeriahkan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74, Pemkab Purworejo menggelar berbagai event, dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Diawali dengan karnaval dari Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK), yang akan dilaksanakan pada Selasa (13/8) pagi jam 07.00 WIB, dengan jumlah peserta, 21 dari kelompok bermain, dan 45 peserta dari TK.

“Pada hari yang sama, juga ada karnaval untuk SD/SMP/MTs siang hari jam 13.00 WIB, dengan peserta, dari SD 13 peserta, dan 20 peserta dari SMP/MTs,” jelas Agung Wibowo, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, dalam jumpa persnya, Jum’at (9/8).

Kegiatan dilanjutkan pada Selasa (20/8), dengan karnaval untuk umum/OPD/TNI/POLRI. Jumlah pesertanya, dari OPD/Dinas 14 peserta, kecamatan/PKK 8 peserta, perusda 4 peserta, komunitas/lainnya 15 peserta. Untuk tema karnaval, SDM Unggul Indonesia Maju, dengan juri, unsur media, unsur komunitas, dan praktisi seni.

Beberapa persyaratan untuk karnaval, kata Agung, yang didampingi Plh Kabag Humas Bambang Gatot Seno Aji, diantaranya, setiap peserta karnaval wajib menunjuk 1 (satu) orang coordinator lapangan yang bertanggung jawab /mewakili peserta ketika berhubungan dengan panitia dalam hal pendaftaran.

Untuk kelancarannya tiap regu diminta kerjasamanya untuk menyerahkan diskripsi tentang tema, misi, visi sekolah/OPD /BUMN/TNI/POLRI/PT/ pesan pesan kepada masyarakat sesuai visi dan misi Bupati Purworejo kepada panitia saat daftar ulang.
Untukntuk kenyamanan peserta dan penonton, tidak diperkenankan mengendarai binatang yang berpotensi membuang kotoran dijalan (seperti kuda tunggangan dll).

“Peserta tidak diperkenankan berpenampilan yang melecehkan suku, agama, dan ras (SARA) tertentu,” terang Agung.

Sebagai puncak kegiatan, ada Grebeg Kamardikan, dengan tema kepahlawanan, baik pahlawan nasional maupun tokoh yang ada di Kabupaten Purworejo. Grebeg Kamardikan akan dilaksanakan pada Sabtu (25/8) sore jam 15.00 WIB.

12 SMA/SMK dipastikan akan mengikuti Grebeg Kamardikan dengan tema masing-masing.

SMAN 5 (Nyi Bagelen), SMK TKM (Pangeran Sawunggalih), SMK Kesehatan (Kyai Imam Puro), SMA Bruderan (Jenderal Urip Sumohardjo), SMA Pancasila (Mr. Wilopo), SMAN 7 (WR. Supratman),
SMK YPT (Cokronegoro), SMK Penabur (Sarwo Edy Wibowo),
SMA N 1 (Gagak Handoko), MAN (Pangeran Jaya Kusuma),
SMA N 3 (Dr. Tjitro Wardoyo, dan
SMK PN (Jenderal Ahmad Yani)

“Pada 14 September 2019 pada pukul 09.00 di Alun-alun Purworejo akan diadakan kegiatan Dolalak massal 5000 penari,” pungkas Agung. (Jon)