Kampung KB Kencana Sari di Candisari Dinilai Tim Propinsi

    


Tim penilai lomba Kampung KB tingkat Provinsi Jateng, saat melakukan penilaian di Kampung KB Kencana Sari, Desa Candisari, Banyuurip, Purworejo, Sabtu (20/4) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kampung KB Kencana Sari, di Desa Candisari, Banyuurip, Purworejo, dinilai tim penilai dari Propinsi Jateng, Sabtu (20/4). Tim yang beranggotakan tujuh orang ini, dipimpin oleh Sri Winarna, dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Propinsi Jateng.

Kedatangan tim penilai lomba Kampung KB tingkat Propinsi Jateng ini disambut oleh Kepala DinsosdukKBPPPA Kabupaten Purworejo, dr Kuswantoro, M.Kes dan jajarannya, mewakili Bupati Purworejo.

Dalam sambutannya, Kuswantoro mengatakan, bahwa Desa Candisari menjadi salah satu dari enam nominator dalam Lomba Kampung KB tingkat Provinsi Jawa Tengah. Di Kabupaten Purworejo sendiri, sebanyak 40 Kampung KB di 16 Kecamatan telah dicanangkan.

“Desa Candisari merupakan salah satu kampung KB yang telah dicanangkan dan sebagai Kampung KB percontohan di Kabupaten Purworejo,” ujar Kuswantoro.

Kuswantoro berharap, tim penilai bisa menemukan berbagai keunggulan dalam program Kampung KB di Desa Candisari. Sehingga wakil Kabupaten Purworejo yang saat ini masuk dalam enam besar, bisa menjadi juara dan mampu meraih prestasi saat mewakili Jawa Tengah pada level yang lebih tinggi lagi.

Sementara itu, Sri Winarna, selaku ketua tim penilai menjelaskan, bahwa tujuan dari evaluasi atau penilaian tersebut, untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan program Kampung KB hingga saat ini, apakah efektif atau tidak.

“Pelaksanaan Kampung KB akan berjalan jika ada keterlibatan stakeholder lainnya. Nah, penilaian ini, untuk mengecek itu semua, apakah sesuai slogan/namanya, Kencana Sari (Keluarga Berencana, Sehat, Aman, Ramah, dan Indah),” ujar Sri Winarna.

Yang membedakan Kampung KB Kencana Sari dengan lainnya, kata Sri Winarna, adanya Terminal Kampung KB. Terminal ini, merupakan keterpaduan dari pelaksanaan Kampung KB, dengan melaksanakan banyak sekali kegiatan.

“Dari data-data dan laporan yang masuk, kita cek langsung, sesuai tidak dengan di lapangan,” kata Sri Winarna.

Saat memberikan penilaian, tim sempat mengadakan tanya jawab, sesuai dengan bidang masing-masing. Dalam kesempatan tersebut juga ada penandatanganan komitmen bersama OPD lintas sektoral, untuk mendukung pelaksanaan Kampung KB. (Jon)