Kampung KB Kencana Sari Desa Candisari Dinilai Tim Verifikasi Propinsi Jateng

    


Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi Lomba Kampung KB Tingkat Propinsi Jateng tahun 2021, saat melakukan penilaian di Kampung KB Kencana Sari, Desa Candisari, Banyuurip, Purworejo, Selasa (09/03/2021) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kampung KB Kencana Sari, Desa Candisari, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, dinilai oleh Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi Lomba Kampung KB Tingkat Propinsi Jateng tahun 2021, Selasa (09/03/2021).

Kedatangan tim yang diketuai Drs Yuli Arsiyanto, MM, dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Propinsi Jateng, disambut Wabup Yuli Hastuti, SH, Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Fatimah Verena Prihastyari, Kepala DinsosdukKBPPPA, dr Kuswantoro, M.Kes, Camat Banyuurip, Kepala OPD terkait, Ketua Pokja Kampung KB Kencana Sari, dan segenap tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan apresiasinya kepada Kampung KB Kencana Sari, karena menjadi salah satu dari tiga nominator dalam Lomba Kampung KB Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2021.

“Kabupaten Purworejo telah mencanangkan Kampung KB di 41 desa dari 16 kecamatan. Desa Candisari merupakan salah satu Kampung KB yang telah dicanangkan dan merupakan Kampung KB percontohan (CoE/Center of Excellence) di Kabupaten Purworejo,” kata Wabup.

Dalam Kampung KB, menurut Wabup, telah disusun perencanaan pembangunan yang meliputi kesehatan, pendidikan dan sosial kemasyarakatan untuk dapat mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Semoga Kampung KB Kencana Sari ini bisa memenuhi harapan kita semua, menjadi teladan sekaligus menumbuhkan motivasi bagi desa-desa lain dalam menyukseskan Program Bangga Kencana. Kita berharap bisa juara 1,” ujar Wabup menyampaikan harapannya.

Dalam kesempatan tersebut, Yuli Arsiyanto menjelaskan, bahwa penilaian lomba/evaluasi Kampung KB kali ini, mungkin agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena Kampung KB Kencana Sari ini pernah menjadi juara 2 Lomba Kampung KB Tingkat Propinsi Jateng tahun 2019 lalu.

“Karena pandemi, kita membatasi verifikasi lapangan, tapi sebelumnya kita lakukan tracking data melalui website. Dari website itu kita lakukan verifikasi lapangan,” ungkap Yuli.

Dijelaskan pula, dari 35 kabupaten se Jateng, Kampung KB Kencana Sari masuk tiga besar nominasi. Dari tiga nominasi ini, akan dipilih yang terbaik, dan mungkin akan menjadi rujukan manakala ada daerah-daerah lain yang akan melakukan studi banding.

Yuli berharap, dari penilaian nanti, Kampung KB Kencana Sari bisa dan mampu menunjukkan eksistensinya, sehingga terpilih menjadi juara 1.

“Yang menjadi penekanan penilaian kali ini, rumah data. Karena semua basisnya dari sana,” pungkas Yuli. (Jon)