Kali Pertama, Bupati Lantik Kades Antarwaktu

    


Pelantikan Hartono, kades antar waktu Desa Ketangi, Purwodadi oleh Bupati Purworejo Agus Bastian, Jum'at (6/12/2019) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Untuk pertama kalinya di Purworejo, Bupati Agus Bastian secara resmi melantik Hartono, sebagai kepala desa antar waktu di Desa Ketangi, Purwodadi.

Pelantikan dilakukan di balai desa Ketangi, Jum’at (6/12), disaksikan oleh Sekda Said Romadhon, Kepala Dinpermasdes Agus Ari Setiyadi, Kepala Dinperkimtan Hery Rahardjo, MSi, Inspektur Pembantu I Inspektorat Kusmartiyah, Kabag Pemerintahan Setyowati, Kabag Humas dan Protokol Rita Purnama, serta segenap tamu undangan.

“Ini sangat spesial, karena baru pertama kali ini saya melantik di desa. Mudah-mudahan dapat bekerja sebaik-baiknya, sehingga Desa Ketangi akan semakin maju,” kata Bupati saat memberikan sambutan.

Dijelaskan bupati, pemilihan kades antar waktu di Desa Ketangi ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Purworejo. Hal itu karena kades sebelumnya berhenti sebelum akhir masa jabatan, dan sisa masa jabatannya lebih dari satu tahun.

Bupati juga berharap, adanya kades antar waktu ini hendaknya bisa dicermati dan dievaluasi. Hal itu agar dapat dijadikan panduan untuk desa lain yang mengalami hal serupa dengan Desa Ketangi.

Kades terlantik diminta untuk segera menyesuaikan diri dan berhati-hati dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan desa, juga menghindari hal-hal yang menyimpang dari peraturan perundangan yang sudah ada, agar tidak terseret dalam masalah hukum.

“Kepada Pak Hartono harus selalu berhati-hati dalam melaksanakan anggaran desa. Jadikan peristiwa kelabu yang pernah terjadi di desa ini sebagai kaca benggala atau introspeksi, agar tidak terulang di masa-masa mendatang,” tandasnya. (Jon)