Kadisdikpora Tinjau Pembelajaran Daring di SMPN 2 Purworejo

    


Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Purworejo, Sukmo Widi Harwanto, SH, MM, saat meninjau pelaksanaan pembelajaran online di SMPN 2 Purworejo, Selasa (24/3/2020) - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Purworejo, Sukmo Widi Harwanto, SH, MM, Selasa (24/3/2020), meninjau pelaksanaan pembelajaran online di SMPN 2 Purworejo.

Dalam pembelajaran tersebut, guru bisa berada di sekolah atau di rumah masing-masing dengan memanfaatkan Google Classroom. Selain memanfaatkan aplikasi tersebut, guru dapat juga menggabungkannya dengan aplikasi Zoom Cloud Meeting, dimana guru dan siswa bisa melihat wajah masing-masing melalui laptop.

Dalam kesempatan tersebut, Sukmo Widi Harwanto menyampaikan dukungan dan motivasinya pada guru-guru yang sedang melaksanakan pembelajaran online di SMPN 2 Purworejo.

Sukmo juga sangat mengapresiasi kepada kepala sekolah dan jajaran tenaga pendidik di SMPN 2 Purworejo, karena dalam rangka melaksanakan pembelajaran sistem online, telah dapat dilakukan dengan baik, dengan memanfaatkan aplikasi Google Classroom.

“Guru juga menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting, dimana dalam prakteknya tadi betul-betul bisa melaksanakan pembelajaran melalui online. Juga bisa terjadi interaksi antara guru dan murid,” ujar Sukmo.

Dijelaskan oleh Kepala SMPN 2 Purworejo, Yosiyanti Wahyuningtyas, M.Pd, bahwa pembelajaran online tersebut dilaksanakan untuk mengkondisikan dan membimbing siswa, agar siswa di rumah benar-benar belajar.

“Hal itu berdasarkan surat edaran Sekda Purworejo, yang mewajibkan siswa belajar mandiri dirumah karena dampak penyebaran virus Corona,” jelas Yosiyanti.

Kegiatan pembelajaran online tersebut, kata Yosiyanti, dipandu oleh tim IT sekolah dan juga ketua parenting, Normanyah Alami, MT. Dalam kegiatan ini, kelancaran kadang terkendala sinyal internet di rumah masing-masing, baik siswa atau guru.

“Guru yang datang ke sekolah atau piket, hanya sepertiga dari jumlah guru seluruhnya, sesuai edaran bupati. Yang lain dari rumah masing-masing,” kata Yosiyanti.

Suryadi, S.Pd, M.Pd, salah satu guru SMPN 2 Purworejo yang juga sebagai tim IT sekolah menjelaskan cara untuk mengikuti kelas online, yakni, harus memiliki akun gmail.

“Sebaiknya, nama akun menggunakan nama asli,” jelas Suryadi.

Kemudian, terang Suryadi, download aplikasi Google Classroom di PlayStore. Setelah itu, buka aplikasi Google Classroom yang sudah didownload. Kemudian, klik Join Class. Setelah itu, masukkan kode kelas online sesuai kelasnya masing-masing. (Jon)