Kadis PU Bali: SPAM Penet Siap Dioperasikan Bulan Juli

    


Menteri PU Djoko Kirmanto saat meresmikan jaringan air bersih sistem timur SPAM Unda 21 Maret 2014 - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali, I Nyoman Astawa Riadi memastikan pekerjaan pemasangan pipa distribusi SPAM Penet yang sempat mangkrak, akan dilelang ulang pada Desember ini.

“Desember ini kita lelang. Harapannya di Januari atau Februari sudah ada pemenang,” kata Astawa Riadi di kantor PU Provinsi Bali, 1 Desember 2015.

Ia juga memastikan di bulan Juli saluran distribusi air jaringan barat sudah dapat dioperasikan. Menurutnya, pekerjaan yang ada hanya melanjutkan proyek yang sebelumnya sempat terhenti. Material pipa sudah ada dan untuk pekerjaan selanjutnya hanya memasang pipa tersebut ke jaringan induk reservoir Tukad Penet di kawasan Munggu, Badung, Bali.

Terkait nilai anggarannya, Astawa Riadi tidak memastikan jumlahnya. Hanya saja ia meyakinkan, anggaran sudah siap.
“Anggaran lebih kecil. Karena ini kan pekerjaan lanjutan. Progressnya juga lebih pendek. Jadi, bulan Juli sudah dapat dioperasikan,” yakinnya.

SPAM Penet memiliki kapasitas 300 liter/detik untuk melayani bagian barat. Selanjutnya akan disiapkan pembangunan SPAM Ayung dengan kapasitas 1.800 liter/detik dan SPAM Unda sebesar 1.000 liter/detik untuk memenuhi kebutuhan air minum kawasan Sarbagitaku sampai tahun 2025.
 
 
way