Kadinperinaker Purworejo Buka Pelatihan Ketrampilan Berbasis Kompetensi Angkatan II

    


Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Purworejo, Gathot Suprapto, SH, secara resmi membuka Pelatihan Ketrampilan Berbasis Kompetensi angkatan kedua, Senin (01/03/2021) di UPT BLK Cangkrep - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Purworejo, Gathot Suprapto, SH, secara resmi membuka Pelatihan Ketrampilan Berbasis Kompetensi angkatan kedua, Senin (01/03/2021) di UPT BLK Cangkrep.

Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan, serta penyerahan modul dan seragam.

Dalam kesempatan tersebut, kepada para peserta Gathot berpesan, untuk mencermati arahan dan apa-apa yang disampaikan instruktur, sehingga nanti benar-benar bisa menyerap ilmu yang diperoleh. Dan jika ada yang kurang jelas, bisa menanyakan ke instruktur.

“Bagi para peserta, untuk tetap menerapkan prokes, disiplin dan tepat waktu, serta harus selalu menjaga kesehatan, supaya bisa mengikut pelatihan,” ujar Gathot menyampaikan arahannya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala UPT BLK Dinperinaker Kabupaten Purworejo, Sudarman, SSos, diwakili Kasubag TU, Soni Khatamson, SP, menjelaskan, tujuan dari pelatihan ketrampilan berbasis kompetensi tersebut, untuk peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas tenaga kerja di Kabupaten Purworejo.

“Harapannya, setelah selesai mengikuti pelatihan keterampilan berbasis kompetensi ini bisa menambah pengetahuan dan mempunyai skiil sehingga mampu bersaing di pasar kerja yang pada akhirnya bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Purworejo,” kata Soni.

Ada enam paket dalam pelatihan kali ini, ungkap Soni, dengan jumlah peserta 16 orang per paket dan diikuti oleh warga masyarakat Kabupaten Purworejo dan sekitarnya yang terdaftar di Sisnaker.

Enam paket pelatihan dan waktu pelaksanaannya meliputi, kejuruan Pengoperasian Mesin Bubut, dimulai tanggal 02 Maret s/d 14 April 2021 ( 35 hari)/ 280 Jam Pelajaran (JP), Teknisi Audio Video, dimulai tanggal 02 Maret s/d 14 April 2021 ( 35 hari )/ 280 JP, Pemeliharaan Kendaraan Ringan Sistem Konvensional, dimulai tanggal 02 Maret s/d 14 April 2021 ( 35 hari )/280 JP.

Kejuruan Mengerjakan Finishing Teknik semprot, dimulai tanggal 02 Maret s/d 14 April 2021 ( 35 hari )/ 280 JP, Pembuat Roti Dan Kue, dimulai tanggal 02 Maret s/d 26 Maret 2021 ( 20 hari )/ 160 JP, dan kejuruan Gambar Bangunan/Drafter, dimulai tanggal 02 Maret s/d 23 April 2021 ( 43 hari )/ 320 JP.

“Anggaran pelatihan ini dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ( APBN ) Tahun Anggaran 2021,”pungkas Soni. (Jon)