Kades Dipenjara, Desa Ketangi Gelar Pilkades Antar Waktu

    


Hartono, pemenang Pilkades Antar waktu Desa Ketangi, Purwodadi, Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Desa Ketangi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jum’at (27/9), menggelar Pilkades Antar Waktu. Pilkades ini digelar, setelah terjadi kekosongan jabatan kepala desa, pasca kades sebelumnya tersandung masalah hukum dan kini tengah menjalani hukumannya. Juga karena masa jabatan Pjs kades telah habis.

Pilkades antar waktu ini diikuti oleh tiga calon, Didik Budiono, Timbul Wahyu Handoko, dan Hartono. Setelah melalui proses pemungutan suara, dari 128 suara yang masuk, Didik memperoleh 31 suara, Timbul 18 suara, dan Hartono 79 suara.

Karena memperoleh suara terbanyak, Hartono lah pemenangnya. Setelah nanti dia dilantik, Hartono akan menjadi Kades Ketangi hingga tahun 2023.

“Pilkades antar waktu ini, baru pertama kali digelar di Kabupaten Purworejo,” jelas Heri Raharjo, Camat Purwodadi, usai memantau jalannya proses pilkades.

Heri mengungkapkan, sesuai regulasi yang ada, Pilkades Antar waktu memang sudah diatur. Ketentuan ini, terdapat pada pasal 54 sampai pasal 56, pasal 66 Perda no 12 tahun 2015, dan pasal 38 sampai pasal 41, pasal 53 Perbup no 67 tahun 2018.

Untuk jumlah suara pemilih, kata Heri, maksimal 10 persen dari DPT terkini. DPT pemilu lalu di Desa Ketangi mencapai 1.300 an. Dari jumlah itu, setelah dihitung, jumlah pemilih di pilkades antar waktu tersebut 130 pemilih.

“Pilkades berjalan aman, lancar dan tanpa gejolak. Secara visi misi, ketiganya sama. Sehingga kedepan, ketiganya bisa bersinergi, bersama-sama membangun Desa Ketangi untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkas Heri.(Jon)