Jokowi Nikmati Suasana Pagi di Tukad Badung

    


Bersama Gubernur Bali Wayan Koster, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono dan pejabat Pemkot Denpasar, Presiden Jokowi menyapa masyarakat dari Taman Sungai di Tukad Badung, Denpasar, Sabtu, 18 Mei 2019 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Saat berkunjung ke Pasar Badung, pasar tradisional yang diresmikannya pada 22 Maret 2019 lalu, Jokowi sempat menikmati sungai atau Tukad Badung yang ditata sebagai Taman Kota oleh Pemkot Denpasar.

Jokowi memuji taman sungai yang terinspirasi Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan itu. Namun, juga ada kritikan yang terlontar.

“Ya, satu yang kurang, penjernihan air sungai yang perlu dilakukan,” ujar Jokowi, Sabtu, 18 Mei 2019.

Saat itu juga, Jokowi langsung menginstruksikan Menteri PUPR Basuki Hadimomulyono untuk mencari terobosan teknologi penjernih air sungai. Sehingga Taman Sungai perkotaan seperti di Tukad Badung bisa digunakan untuk berenang secara sehat dan aman bagi masyarakat.

Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Bali selama 2 hari, 17-18 Mei 2019. Di akhir pekan, Sabtu (18/5/2019) Jokowi dan rombongan sempat meninjau pasar Badung sekitar pukul 08.00 Wita.

Di pasar tradisional berarsitektur Bali yang dikaguminya itu, Jokowi sempat berbelanja buah-buahan seperti alpukat, pepaya, salak dan mangga. Ia mengatakan, buah-buahan itu untuk buka puasa nanti.

Saat berada di pasar Badung, Jokowi juga melakukan dialog dengan pedagang.

“Saya ingin melihat kehidupan keseharian dan aktivitas ekonomi di Pasar Badung, ternyata sudah ramai,” ujar Jokowi.

Mantan walikota Solo ini juga mencermati penggunaan kantung plastik sekali pakai. Pedagang di pasar Badung, menurutnya mulai beralih dari penggunaan plastik sekali pakai menjadi kantung ramah lingkungan.

Penggunaan plastik sekali pakai itu diatur dalam Peraturan Gubernur Bali Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah.

“Saya tadi melihat sudah mulai ada transisi dari tas plastik ke tas yang ramah lingkungan. Saya kira ini sangat bagus,” ujarnya.

Selama berada di Pasar Badung, Jokowi melakukan wawancara bersama wartawan asing dan sejumlah wartawan lokal dan nasional. (*)