Johnny G Plate: Data Punya Nilai Ekonomi Tinggi, Jaga dengan Baik

    


Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate minta kepada pemilik data harus menjaganya dengan baik. Ia juga meminta agar data jangan dibagikan kepada siapapun.

Kebocoran data, menurut Johnny, salah satunya bisa terjadi ketika identitas yang bersifat unik dan tunggal digunakan oleh pihak ketiga.

“Seperti dalam penerbitan kartu SIM atas dasar NIK, tapi digunakan oleh pihak ketiga karena berhasil mendapatkan NIK kita, ujungnya adalah data bocor, yang seperti ini kita harus disiplin menjaga data pribadi,” kata Johnny Plate.

Dalam banyak kasus, kebocoran data berhubungan dengan geostrategis dan kedaulatan suatu bangsa.

“Sistem penyelenggara elektronik harus jaga enkripsi dengan baik, pemilik data juga harus jaga datanya, jangan untuk dibagi-bagikan,” kata Johnny di Nusa Dua, Bali, Sabtu, 3 September 2022.

Menurutnya, Indonesia saat ini tengah memperjuangkan aturan arus data lintas batas negara dalam forum G20. Sebab menurutnya, data memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Cross border data flow, kata Johnny, menjadi pembahasan utama dalam Digital Economy Working Group (DEWG). Indonesia mengusulkan tiga prinsip dasar dalam tata kelola data lintas negara.

“Yang pertama, lawfulness, fairness dan transparency, ini tiga prinsip penting cross border data flow, data jadi prioritas isu yang besar di G20,” jelasnya. (Way)

KORANJURI on GOOGLE NEWS