Jelang Isi Kandang, Mitra KOIN Diberi Latihan Budidaya

    


drh Ismangil Antarusmara, Direktur Budidaya KOIN - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Menjelang pengisian kandang dengan domba, atau domba masuk (sheep in) yang diagendakan Kamis (03/12/2020), para mitra KOIN (Koperasi UMKM Indonesia) cabang Purworejo, mendapatkan pelatihan budidaya, Senin (30/11/2020).

Pelatihan yang berlangsung di gedung PKPRI Purworejo itu, diikuti oleh 36 peserta, yang merupakan pemilik 180 an kandang yang sudah jadi dan siap diisi.

Kegiatan pelatihan mitra KOIN ini, dihadiri oleh Kepala Cabang KOIN Purworejo, Moh Ali Rif’an, Kabid Peternakan dari DPPKP Kabupaten Purworejo, Siti Lestari, Hari Budiyanto, bendahara koperasi,
Reban Mirmorejo pembina KOIN, dan M Ismail, Direktur Budidaya.

“Saya sangat mengapresiasi program Ngingu Bareng yang diluncurkan KOIN ini. Setelah lama ditunggu, akhirnya bisa terealisasi,” ujar Siti Lestari, mewakili Kepala DPPKP Purworejo.

Para mitra KOIN tengah mengikuti pelatihan budidaya, Senin (30/11/2020) - foto: Sujono/Koranjuri.com

Para mitra KOIN tengah mengikuti pelatihan budidaya, Senin (30/11/2020) – foto: Sujono/Koranjuri.com

drh Ismangil Antarusmara, selaku Direktur Budidaya KOIN menjelaskan, dalam pelatihan tersebut juga melibatkan divisi lainnya, seperti divisi kemitraan, divisi teknik, divisi pakan juga divisi keuangan.

“Kita berharap 3 Desember nanti bisa sheep in sesuai rencana,” kata Ismangil.

Untuk menghadapi domba masuk ini, menurut Ismangil, perlu diadakan pelatihan budidaya, yang menekankan pada SOP (standar operasional prosedur). Bagaimana cara mitra itu memberikan makan, merawat, juga apa yang harus dilakukan jika ada domba yang sakit.

“Tahap-tahap itu yang penting. Di samping budidaya, juga penyampaian materi dari divisi kemitraan, divisi teknik, divisi pakan, dan divisi keuangan,” jelas Ismangil.

Dari rapat terakhir antara tim budidaya, tim teknik dan tim pakan, ungkap Ismangil, tercapai kesepakatan bahwa untuk tahap pertama akan masuk di 270 kandang, dengan cara setiap 10 hari masuk 30 kandang. Dalam waktu satu bulan, akan masuk 90 kandang.

“Misalnya kok ternyata pada bulan Februari bisa tersedia, misalnya 120 kandang, ya kita penuhi itu. Jadi kita melihat kesiapan kandang saja,” kata Ismangil.

Ismangil berharap, dengan diadakannya pelatihan budaya ini mitra mengerti tentang kegiatan yang dilakukan sehari-hari, mulai dari pertama kali masuk sampai panen.

Salah satu mitra yang ikut pelatihan budidaya, Kamidi (60), warga Bencorejo, Banyuurip, mengaku sangat senang dengan pelatihan budidaya domba tersebut. Karena itu sebagai bukti keseriusan KOIN dalam program kemitraan Ngingu Bareng.

“Setelah lama kita tunggu akhirnya terealisasi juga. Dari 14 kandang yang direncanakan, baru 2 yang sudah jadi dan siap isi,” aku Kamidi. (Jon)