Jalur Pantai Selatan Jadi Perhatian Korlantas Mabes Polri

    


Korlantas Mabes Polri, Dinas PUPR Propinsi, dan Satlantas Polres Purworejo, saat melakukan survey di Jetis, untuk pemasangan kamera ECRIP - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Jalur pantai selatan, atau yang lebih dikenal dengan nama jalur Daendels, khususnya yang berada di wilayah Purworejo, mendapat perhatian khusus dari Korlantas Mabes Polri. Hal itu dikarenakan, secara progres ke depan, jalur Daendels ini akan menjadi penyangga utama Bandara New Yogyakarta International Airport di Kulonprogo.

Untuk mendukung hal tersebut, di wilayah Jetis, tepatnya sebelah timur pertigaan lampu merah Patutrejo/Jetis, akan segera dipasang kamera speed (ECRIP: Enforcement Capability Road Infrastuctur and Protection). Kamera CCTV ini, dari Korlantas Mabes Polri.

“Untuk penentuan titiknya, dari Korlantas Mabes Polri, Dinas PUPR Propinsi, dan Satlantas Polres Purworejo sudah melakukan survey,” jelas Kasatlantas Polres Purworejo, AKP Nyi Ayu Fitria Facha, melalui Kanitlaka, Ipda Mustofa, Kamis (27/12).

Fungsi dari kamera speed (ECRIP) ini, menurut Mustofa, untuk memantau kepadatan arus dan pelanggaran lalu lintas, seperti batas kecepatan, atau lainnya selama 24 jam. Kamera ini akan terkoneksi langsung dengan Mabes Polri, dan dipantau oleh Kanitlaka melalui layar monitor.

Dipilihnya wilayah Jetis untuk pemasangan kamera ini, karena lokasi ini merupakan wilayah rawan kecelakaan , tingkat kepadatan arus lalu lintas yang makin meningkat, dan jalur utama penyangga bandara.

“Untuk wilayah Jateng, hanya Purworejo dan Kebumen yang mendapat fasilitas ini,” kata Mustofa.

Lebih jauh Mustofa menjelaskan, dalam Operasi Lilin Candi 2018, yang dilaksanakan dari tanggal 21 Desember hingga 2 Januari 2019, jalur Daendels juga menjadi wilayah yang mendapat perhatian khusus Satlantas Polres Purworejo.

Di wilayah ini, untuk mengurangi angka kecelakaan lalulintas, juga dipasang papan peringatan/himbauan di tiga titik, Jogoresan, Wonoroto dan Pasaranom.

“Secara kuantitas, arus lalulintas sampai dengan hari ke tujuh pelaksanaan Operasi Lilin Candi meningkat. Puncaknya terjadi pada hari Minggu (23/12), Senin (24/12) dan Selasa (25/12),” pungkas Mustofa. (Jon)