Jalan Rekomtek Mentok, Jembatan Penatih Bakal Dibongkar

    


Foto: Ilustrasi

KORANJURI.COM – Jembatan penghubung antar Banjar di Desa Penatih, Denpasar Timur, dipastikan akan dibongkar. Jembatan tersebut diketahui tidak memiliki rekomendasi teknik (Rekomtek) yang dikeluarkan oleh Balai Wilayah Sungai Bali Penida (BWSBP).

Sampai saat ini pun, kata Kasi Rekomtek BWSBP Ketut Alit Sudiastika, pihak pengembang sudah mentok untuk mendapatkan syarat bangunan fisik itu.

“Sampai saat ini belum ada rekomtek. Rekomtek harus ada terlebih dulu sebelum mendirikan bangunan yang bersinggungan dengan kepentingan publik,” kata Alit Sudiastika, Selasa, 11 Februari 2020.

Perseturuan sebelumnya meruncing antara warga dan pengembang. Warga menolak ada jembatan untuk proyek pengembangan di wilayah tersebut. Sosialisasi pembangunan jembatan juga tidak dilakukan oleh pihak pengembang kepada warga.

Dalam hal ini, meditasi dilakukan di kantor BWSBP sebagai regulator perijinan Rekomtek. Rapat klarifikasi dihadiri masyarakat Banjar Pelagan dan Taman Poh Manis, Selasa, 11 Februari 2020. Pengembang atau pemilik proyek tidak hadir dalam acara itu.

Namun menurut Alit Sudiastika, rapat tetap berjalan dan menghasilkan kesimpulan yakni, pembangunan jembatan tidak bisa diteruskan. Sekalipun, saat ini bangunan fisik jembatan telah rampung. Namun karena persoalan yang muncul, Pemerintah Kota Denpasar melalui Satpol PP menyegelnya.

“Dibongkar. Kami akan mengeluarkan rekomendasi ke Pemkot Denpasar dengan tembusan Pol PP,” kata Alit Sudiastika. (Way)