Jalan Provinsi dan Jembatan di Purworejo bakal Direhab Tahun ini

    


Jembatan Silekor (Selis) di wilayah Kutoarjo, salah satu jembatan yang akan mengalami penggantian jembatan di tahun 2020 - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sejumlah jalan dan jembatan di wilayah Purworejo yang menjadi kewenangan Provinsi Jateng, pada tahun 2020 ini akan direhabilitasi. Dengan sumber dana dari DAK maupun APBD Propinsi, ada beberapa paket pekerjaan yang akan dilaksanakan.

Ada dua jembatan, yakni jembatan Sengoro di wilayah Grabag dan Silekor (Selis) di wilayah Kutoarjo, yang berlokasi di jalan Kutoarjo-Ketawang, akan mengalami penggantian jembatan. Kedua jembatan ini akan dilebarkan dari 5 meter menjadi 7 meter.

“Sumber dananya dari DAK, dengan anggaran mencapai 14 miliar,” jelas Edi Margono, ST, Kasi Jalan dan Jembatan Wilayah Magelang 2, dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jateng, Rabu (8/1/2020).

Edi menambahkan, dari sumber dana APBD Provinsi, akan ada paket pekerjaan rehabilitasi jalan sepanjang 4,9 km, yakni jalan Kalianyar-Kemiri. Dengan anggaran Rp 5,9 miliar, jalan ini akan dioverlay (aspal satu lapis).

Ada juga paket pekerjaan pembuatan saluran U Ditch sepanjang 1 km dan DPT (Dinding Penahan Tanah) sepanjang 300 meter di ruas jalan Pahlawan, dengan anggaran mencapai Rp 2,5 miliar.

“Untuk jalan Kutoarjo-Bruno juga ada peningkatan sepanjang kurang lebih 5 km, dengan anggaran mencapai Rp 17 miliar,” terang Edi.

Untuk paket pekerjaan ini, kata Edi, dibagi menjadi dua, yakni, meneruskan paket pekerjaan Kutoarjo-Bruno tahun lalu, dengan lokasi pasar Kemiri ke arah timur sepanjang 2,5 km, dan perbatasan Bruno-Wonosobo arah Kutoarjo sepanjang kurang lebih 2,5 km.

“Untuk jalan Maron-Kemiri juga akan ditingkatkan sepanjang 5 km. Sumber dananya dari DAK, dengan anggaran mencapai Rp 16 miliar,” pungkas Edi. (Jon)