Jalan Kaki Keliling Indonesia, Harsono Ingin Ingatkan agar Jangan Melupakan Sejarah

    


Harsono, pejalan kaki keliling Indonesia ketika berada di Pulau Bali, 16 Oktober 2016. Aksi jalan kaki keliling Indonesia yang dilakukannya semata-mata untuk mengingatkan elemen bangsa agar jangan meninggalkan sejarah sesuai ajaran Bung Karno - foto: Wahyu Siswadi/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dua bendera merah putih yang telah lusuh diikat dengan seutas potongan bambu disamping kanan dan kiri tas punggungnya. Kemudian, lambang Garuda Pancasila berada di puncak tas dan dibawahnya ada tulisan, ‘Keliling Indonesia’, ‘Backpacker’ dan ‘Jelajah Indonesia’.

Terpenting lagi, menurut Harsono yang melakukan long march keliling Indonesia itu, adalah sosok foto Bung Karno yang berada dalam gendongannya. Ya, pria asal Semarang, Jawa Tengah itu, melakukan jalan kaki dengan jarak yang sangat jauh dari Sabang Sampai Merauke.

“Saya memulai ini tahun 2014 lalu dari Kota Sabang. Ini perjalanan saya dari Merauke menuju Gilimanuk,” kata pria yang berprofesi sebagai porter pendakian itu.

Koranjuri.com menemuinya ketika tengah beristirahat di tepi jalan Kebo Iwa, Denpasar, Minggu, 16 Oktober 2016. Sampai saat ini, Harsono sudah berjalan kaki selama 2,5 tahun dan akan mengakhirinya di kota kelahirannya, Semarang, Jawa Tengah.

Aksi yang terbilang cukup nekad itu, menurutnya sarat dengan pesan moral kepada generasi muda agar senantiasa mengingat sejarah negeri Indonesia yang sedemikan luas dan kaya akan hasil alamnya. “Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah,” tuturnya singkat.

Ia juga mengajak kepada seluruh elemen bangsa Indonesia berdoa agar Indonesia nantinya dipimpin oleh sosok yang mempunyai karakter seperti Bung Karno.

Selain itu, ia juga berpesan kepada semua pihak agar selalu menjaga lingkungan dan alam. Sebagai seorang porter pendakian yang kerap menjelajah gunung di wilayah Indonesia, dirinya mendapati alam Indonesia sudah banyak yang rusak karena ulah-ulah tangan tak bertanggungjawab.

“Ini sekaligus kampanye lingkungan yang saya lakukan seorang diri,” ujarnya.

Jelajah Indonesia dengan berjalan yang dilakukan pria asal Semarang, Jawa Tengah bernama Harsono - foto: Wahyu Siswadi/Koranjuri.com

Jelajah Indonesia dengan berjalan yang dilakukan pria asal Semarang, Jawa Tengah bernama Harsono – foto: Wahyu Siswadi/Koranjuri.com


 
 
Way

Hits: 1