Jajaki Kerjasama, Delegasi Hongaria dan Swedia Kunjungi Purworejo

    


Bupati Purworejo Agus Bastian, saat menerima kunjungan delegasi dari Hongaria dan Swedia, Jum'at (23/3) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bupati Purworejo Agus Bastian, menerima kunjungan tamu dari Hongaria dan Swedia. Delegasi ini, diterima bupati di pendopo kabupaten, Jum’at, 23 Maret 2018, siang.

Keempat tamu istimewa ini, Prof Dr Tamas Novak (Director Oriental Business and Innovation CTR BGE University), Prof Dr Istven Abel (Senior Official Bank Central Hungary), Mr. Szillard Boros (Senior Official Bank Central Hungary), serta Mr. Martin Jacobson (Swedia).

Tiba di pendopo, para delegasi disambut Bupati Purworejo, ketua dan wakil ketua DPRD, serta para kepala OPD. Selanjutnya, para tamu dihibur dengan pementasan seni ndolalak, dan diteruskan dengan mengunjungi stand yang menampilkan aneka produk unggulan Purworejo.

Dalam sambutannya, Agus Bastian memberikan ulasan tentang Kabupaten Purworejo, yang secara administratif memiliki luas 1.034,8 km2,16 kecamatan, 469 desa dan 25 kelurahan. Secara geografis Purworejo berbatasan dengan Kabupaten Kebumen di sebelah barat, sebelah utara Kabupaten Magelang dan Wonosobo, sebelah timur Kabupaten Kulonprogo (DIY) dan sebelah selatan Samudra Indonesia.

“Kabupaten Purworejo selain dikenal sebagai daerah agraris, sesungguhnya memiliki potensi alam yang luar biasa besarnya,” ungkap bupati.

Dengan adanya pembangunan megaproyek bandara internasional New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo, kata bupati, maka wilayah selatan Kabupaten Purworejo menjadi lokasi yang sangat strategis untuk pengembangan bisnis.

Selain pengembangan kawasan, bupati berkeinginan membangun pelabuhan laut yang bisa digunakan untuk bersandar kapal-kapal besar.
Untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki, maka dirasa penting untuk mengadakan kerjasama dengan Hongaria.

“Harapannya, kerjasama ini dapat membantu mewujudkan impian untuk memajukan Purworejo dan menyejahterakan rakyat,” ujar bupati.

Terpisah, Kabag Humas Agus Ari Setiyadi menjelaskan, bahwa kunjungan delegasi Hongaria dan Swedia tersebut dalam rangka penjajakan, sebelum kedua negara ini berinvestasi di Purworejo, dengan melakukan kerjasama di bidang pertanian, pendidikan dan perikanan.

Kunjungan tersebut, kata Agus Ari, merupakan pertemuan kedua dan kunjungan balasan dari kunjungan Bupati Purworejo beserta pimpinan dewan ke Hongaria beberapa waktu lalu, dimana keduanya ingin menjalin suatu kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

“Disatu sisi, Purworejo ingin daerahnya semakin maju dan rakyatnya sejahterah, dan disisi lain, Hongaria dan Swedia bisa mendapatkan sesuatu dari kerjasama ini,” terang Agus Ari. (Jon)