Istimewa, Wisuda Purnawidya Siswa SMPN 1 Purworejo di Pendopo Kabupaten

    


Sutarto, M.Pd, Kepala SMPN 1 Purworejo, saat menyerahkan penghargaan kepada siswa berprestasi, dalam Wisuda Purnawidya Siswa Kelas IX di Pendopo Kabupaten Purworejo, Sabtu (18/06/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Momen Wisuda Purnawidya Siswa Kelas IX SMPN 1 Purworejo tahun pelajaran 2021/2022 yang berlangsung Sabtu (18/06/2022), sangatlah istimewa dan berkesan.

Bagaimana tidak, tradisi tahunan yang biasa dilakukan di sekolah ataupun gedung pertemuan, kali ini berlangsung di Pendopo Kabupaten Purworejo.

Diikuti oleh 192 wisudawan wisudawati, wisuda juga dihadiri Kepala SMPN 1 Purworejo, Sutarto, M.Pd, Kabid Dikmen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs Frikly Widhi Dewanto, M.T, Pengawas SMP, Ketua Komite Agus Budi Supriyanto, para orangtua siswa, serta para guru.

Bertemakan ‘Taburlah Harapan, Petiklah Perubahan, Wujudkan Impian’, prosesi wisuda ditandai dengan pemasangan samir kepada para wisudawan yang dilakukan oleh kepala sekolah, dengan didampingi wali kelas masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut, Sutarto berpesan kepada para wisudawan, bahwa keberhasilan mereka ada orang yang sangat berjasa, yakni orangtua. Mereka terkadang mengorbankan kebutuhan/kepentingan demi memenuhi kebutuhan anaknya di sekolah.

Kata Sutarto bahwa lulus dari SMPN 1 Purworejo bukan akhir dari perjuangan, justru merupakan awal untuk perjuangan mendapatkan sekolah sesuai yang dicita-citakan.

“Setelah lulus, maka kalian keluar dari siswa, dari warga SMPN 1 Purworejo, tapi masuk menjadi warga alumni SMPN 1 Purworejo. Maka silaturahmi dan persatuan warga harus dijaga. SMPN 1 Purworejo adalah rumah kita bersama, rumah besar kita untuk menuntut ilmu,” jelas Sutarto, sambil menambahkan bahwa tahun ini ada siswa yang diterima di SMK Jawa Tengah dan SMA CT Arsa di Sukoharjo.

Ketua Komite Agus Budi Supriyanto menyampaikan, terkait siswa mau melanjutkan kemana,
anak yang tahu potensi diri sendiri, jadi jangan dipaksa mau melanjutkan kemana.

“Semoga kedepannya menjadi orang yang bertanggungjawab pada orangtua, lingkungan, khususnya bangsa dan negara,” harap Agus Budi.

Terpisah, Ketua Panitia Eko Hendarto menjelaskan, bahwa dalam wisuda tersebut juga ada pemberian penghargaan bagi siswa berprestasi.

“Ini baru pertama kalinya, wisuda siswa dilakukan di Pendopo Kabupaten. Kita berikan yang istimewa bagi siswa supaya mereka tetap terkenang,” kata Eko.

Berikut daftar siswa berprestasi dalam Wisuda Purnawidya Siswa SMPN 1 Purworejo.

Kategori nilai 100 ujian sekolah, Fadhil Dwi Sastro (9C, Matematika), Nazhwa Putri Purnama (9C, Matematika), Neva Fitria (9A, Matematika), Ardianto Setiawan (9C, Matematika), Aura Sukma Sejati (9C, Matematika), Galuh Aulianissa (9C, Matematika), Hasna Haifa Pramesty (9C, Matematika), Salsabila Nur Rahma (9C, Matematika), Iman Pengkuh Santoso (9C, IPA), Alhimni Rusyadi Putri Arsindu (9C, IPS), Maulida Ulayya Rahmadina (9C, IPS), Mutiara Dyah Ayu Pitaloka (9F, Seni budaya).

10 Besar nilai ujian sekolah, Alya Dhaifana Royya (9A, 2050), Alhimni Rusyadi Putri Arsindu (9A, 2048,5), Nazhwa Putri Purnama (9A, 2025,5), Galuh Aulianissa (9C, 2025), Helda Assyifa Damayanti (9C, 2024), Salsabila Nur Rahma (9C, 2023), Hasna Haifa Pramesty (9C, 2021,5), Keysa Bintang Gantari Shafi (9C, 2020,5), Ardianto Setiawan (9C, 2017,3), Aura Sukma Sejati (9C, 2016).

3 besar nilai ijasah, Alya Dhaifana Royya (9C, 1021,69), Alhimni Rusyadi Putri Arsindu (9C, 1017,5), Salsabila Nur Rahma (9C, 1014,04). (Jon)