Ini Penjelasan PDAM Terkait Banyaknya Warga di Sendangsari Belum Bisa Menikmati Air Bersih

    


Direktur PDAM Purworejo, Hermawan Wahyu Utomo, ST - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Hingga saat ini, masih banyak masyarakat di Kabupaten Purworejo yang belum bisa menikmati air bersih. Salah satunya, warga di Dukuh Bandongan, RT 03 RW 04, Desa Sendangsari, Kecamatan Bener.

Disini, warga memanfaatkan air irigasi dari Sungai Bogowonto untuk keperluan sehari-hari. Hal ini, tentu saja menjadi perhatian tersendiri bagi pemerintah setempat.

Hal itu dikatakan Rambat (47), salah satu warga, yang menuturkan bahwa, sudah puluhan tahun warga Bandongan menggunakan air irigasi tersebut untuk mandi, cuci dan memasak. 

Dengan kondisi seperti itu, Rambat dan warga lainnya berharap, agar ada perhatian dari pemerintah Purworejo. Namun sejauh ini, aku Rambat, belum ada perhatian dari pihak pemerintah.

“Pernah ada yang datang ke sini tapi sekedar melihat-lihat, tapi tidak ada tindak lanjutnya,” papar Rambat. 

Menanggapi hal ini, Sekda Pemkab Purworejo, Said Romadhon, dalam suatu kesempatan mengatakan, akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengatasinya, dalam hal ini, DPU, PDAM maupun BPBD.

Menurut Direktur PDAM Purworejo, Hermawan Wahyu Utomo, ST, hingga saat ini, pihaknya belum menerima tembusan permintaan droping air terkait kesulitan warga Bandongan dalam mendapatkan air bersih.

“Kalau mau menggunakan jaringan PDAM juga belum bisa, karena lokasinya lebih tinggi dibanding jaringan terakhir kami di pasar Kaliboto, yang jaraknya sekitar 4 km ke lokasi,” terang Hermawan, Kamis (8/6).

Hal itu menyebabkan, gravitasi tidak masuk, sehingga air tidak bisa mencapai lokasi, karena elevansinya lebih tinggi. Toh begitu, kata Hermawan, ada beberapa solusi untuk mengatasinya.

Jika di wilayah Sendangsari ada sumber mata air, maka pihak desa bisa mengusulkan Pamsimas ke DPU. Jika tidak, pihak desa membuat tandon/penampungan air besar, dan bisa mengusulkan untuk droping air.

“Intinya, PDAM siap membantu sesuai mekanisme yang ada. Dan pihak desa harus berperan aktif,” pungkas Hermawan.
 
 
Jon