Indonesia Mendapat Apresiasi dari Delegasi Sidang Interpol

    


Wikipedia

KORANJURI.COM – Ketua delegasi Indonesia Irwasum Komjen Pol Dwi Prayitno mengatakan, pelaksanaan Sidang Umum Interpol Ke-85 di Nusa Dua Bali, berjalan lancar. Materi yang dibawa Kepolisian RI tersampaikan ke forum tersebut.

“Substansi atau materi yang dibahas bisa disampaikan, baik tertulis maupun lisan. Sharing information yang berkaitan operasional maupun administratif dapat dikemukakan di forum,” jelas Dwi Prayitno saat menggelar konferensi pers di Nusa Dua Bali, 9 November 2016.

Pembicaraan bilateral maupun dalam forum besar, dikatakan Dwi Prayitno, akan bermanfaat khususnya dalam kerjasama internasional maupun penegakkan hukum melalui jalur Interpol.

Menurut Dwi, perkembangan IT kerap menjadi pintu masuk bagi pelaku kejahatan ke suatu negara. “Cepat sekali mereka melakukan kejahatan diluar kemampuan suatu Negara,” jelasnya.

Dalam mengasah kemampuan sumber daya kepolisian di negara anggota, dikatakan Dwi, pelatihan diadakan hingga 90 kali dalam setahun. Praktis itu berkaitan dengan tindak pidana pencucian uang, pencegahan terorisme maupun people smuggling.

“Peserta latihan bukan hanya Indonesia tapi di kawasan Asia Pacific,” jelas Dwi Prayitno.

Forum terbesar kedua setelah Sidang Umum PBB yang berlangsung di Bali ini, dikatakan Dwi, banyak mendapatkan apresiasi dari peserta sidang. Dalam Sidang Umum Interpol Ke-85 ini, Indonesia mengirimkan delegasi dari 21 Kementerian.
 
 
Yan