Ikuti Upacara Pamahayu Jagat, Pangdam IX/Udayana Serahkan Dana Punia

    


Pangdam IX/Udayana menyerahkan dana punia kepada Pengempon Pura Besakih yang diterima oleh Jro Mangku Suyasa, Minggu, 5 Juli 2020 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Bersamaan dengan Upacara Pamahayu Jagat di Pura Besakih, Minggu (5/7/2020), Pangdam IX/Udayana menyerahkan dana punia kepada Pengempon Pura Besakih yang diterima oleh Jro Mangku Suyasa.

Upacara Pamahayu Jagat sendiri digelar dalam mengawali masa transisi tatanan kehidupan baru di Bali.

Selanjutnya, persembahyangan bersama dipimpin oleh Ida Prande Gede Kerta Yoga dari Griya Buda Keling, Ida Bagawan Putra Nawa Nata Wangsa Pemayun dari Griya Blatungan Tabanan, dan Ida Pranda Gede Wayahan Tianyar dari Griya Menara Sidemen.

Seperti diketahui, Mayjen TNI Kurnia Dewantara baru beberapa minggu bertugas di Bali. Gubernur memberikan apresiasi atas kesigapan Pangdam dengan keterlibatannya dalam penanganan covid-19 di Pulau Dewata.

“Pak Pangdam baru bertugas seminggu, tapi langsung kita ajak kerja menangani covid-19 di Bali,” kata Gubernur mengawali sambutan.

Dalam sambutannya, Gubernur Bali Wayan Koster, mengatakan, pandemi Covid-19 harus dimaknai secara positif sebagai proses alam. dari situasi negatif berbahaya, menuju kondisi di titik nol. Dari satu kutub itu, jelas Gubernur, kehidupan dimulai dalam keseimbangan baru.

“Pandemi covid-19 di Bali telah menimbulkan dampak luas dalam berbagai bidang kehidupan kesehatan, sosial, dan ekonomi termasuk pariwisata. Selama pandemi berlangsung, seluruh masyarakat tidak dapat me|aksanakan aktivitas secara normal,” kata Gubernur.

Di akhir sesi foto bersama, Pangdam IX/Udayana mengajak meneriakkan yel yel untuk membangkitkan semangat.

“Kita sama-sama menyatakan dengan yel-yel, Astungkara, Bali bangkit tanpa covid,” kata Kurnia Dewantara.

Dengan komando dari Pangdam IX/Udayana, dorongan semangat yel yel itu mengakhiri acara. (Way/*)