Ijab Kabul Usai, Bobby Resmi Persunting Kahiyang

    


Presiden Joko Widodo melakukan prosesi pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution dengan memasang sendiri bleketepe atau anyaman daun kelapa dan pisang tuwuhan - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Muhammad Bobby Nasution sah mempersunting putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu. Ijab Kabul dilaksanakan di Graha Saba Buana, Surakarta, Jawa Tengah, Rabu, 8 November 2017.

Prosesi ijab kabul dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dengan mengucapkan pertanyaan kepada pengantin laki-laki.

“Saya nikahkan dan saya jodohkan anak kandung perempuan saya Kahiyang Ayu dengan engkau Muhammad Bobby Afif Nasution bin Insinyur Haji Erwin Nasution almarhum dengan mas kawin seperangkat alat salat dan emas seberat 80 gram dibayar tunai,” ucap Presiden Jokowi.

“Saya terima nikah dan jodohnya Kahiyang Ayu binti Joko Widodo dengan mas kawin seperangkat alat salat dan emas 80 gram dibayar tunai,” jawab Bobby Nasution.

Pernikahan Kahiyang-Bobby menjadi perhelatan fenomenal di tahun ini. Namun demikian, Presiden Joko Widodo kepada wartawan menyatakan, acara pernikahan putrinya digelar secara sederhana.

Presiden mengatakan, rangkaian acara pernikahan diselenggarakan sebagaimana yang biasa diadakan di daerahnya. Pesta‘Pernikahan kampung’ ala presiden Jokowi itu dihadiri oleh 8 ribu undangan.

“Ya relatiflah ya, yang namanya sederhana. Wong kita ini juga punya hajatan di kampung, ya kan. Gedung juga gedung sendiri. Catering juga sendiri, panitia juga sendiri,” ujar Presiden Jokowi.

Resepsi pernikahan Bobby-Kahiyang digelar dalam dua sesi. Resepsi siang diadakan pada pukul 10.30-11.30 wib, 12.00-13.00 wib dan malam harinya berlangsung pukul 18.30-19.30 wib dan 20.21.wib. Perhelatan nikah itu diadakan di Gedung Graha Saba milik keluarga presiden di jalan Letjend Suprapto No. 80 B, Banjarsari, Solo. (way/setkab)