IHDN Kembangkan Ilmu Yoga

    


Kampus Institut Hindu Darma Negeri (IHDN) Denpasar - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Yoga bukan cuma olahraga yang kini digemari masyarakat. Akademisi Institut Hindu Darma Negeri (IHDN) Denpasar pun mulai mengembangkan menjadi program studi sejak tahun 2015 silam. Secara keilmuwan, Yoga dipelajari secara spesifik di kampus tersebut.

Riset yang dilakukan dosen dan praktisi yoga dari Kampus IHDN, menemukan fakta bahwa gerakan-gerakan Yoga kuno tidak sepenuhnya eksis sampai sekarang. Beberapa gerakan Yoga diyakini telah punah.

“Kami mempelajari teks Yoga dan menghubungkan kembali dengan yang kita temukan sekarang. Ternyata memang ada yang sudah punah,” jelas Ni Kadek Surpi, dosen jurusan Yoga di Kampus IHDN Denpasar, Selasa, 7 November 2017.

Kadek Surpi menambahkan, pihaknya bekerjasama dengan Sanskriti School di India untuk mengembangkan ilmu Yoga. Termasuk, kerjasama dengan berbagai Perguruan Yoga di Bali seperti Seruling Dewata.

Dari penelitian yang telah dilakukan, menurut Surpi, terungkap fakta mencengangkan bahwa di wilayah Batukaru ternyata telah lama menjadi pusat Yoga di Bali.

“Kita menelusuri dari teks-teks yang ada ternyata di Batukaru sudah sejak lama jadi pusat Yoga, itu kita pelajari termasuk gerakan fisiknya,” ujar Surpi.

Dalam mengembangkan ilmu Yoga, IHDN juga melibatkan praktisi medis, ahli yoga maupun hipnoterapis. Sampai saat ini, Program Studi Ilmu Kesehatan dan Yoga IHDN memiliki mahasiswa asing asal Jepang. Prodi tersebut, dikatakan Surpi, akan terus disosialisasikan kepada mahasiswa asing. (Way)