Idul Adha, SMKN 8 Purworejo Bagikan Ratusan Bungkus Daging Kurban

    


Penyembelihan hewan kurban di SMKN 8 Purworejo, Kamis (22/07/2021) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Peringatan Hari Raya Idul Adha 1442 H atau Hari Raya Kurban di SMKN 8 Purworejo yang berada di Desa Bajangrejo, Banyuurip, dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan.

Hal itu ditandai dengan penyembelihan hewan kurban pada Kamis (22/07/2021), yang dilaksanakan dengan prokes ketat.

Samsul Fitriyadi, S.Pd.I, selaku Ketua Panitia Kegiatan Amaliyah Idul Adha SMKN 8 Purworejo. mengungkapkan, meski Pandemi, namun hal itu tak menyurutkan niat keluarga besar sekolahnya untuk terus berbagi.

“Idul Adha tahun ini, kita menyembelih dua sapi dan 6 kambing, yang berasal dari guru dan karyawan. Dari sisi jumlah, ada peningkatan dibanding tahun sebelumnya,” ujar Samsul, di sela-sela kegiatan.

Usai disembelih, daging hewan kurban tersebut kemudian dibagikan secara internal sebanyak 75 bungkus, dan 90 lainnya dibagikan untuk warga Desa Bajangrejo, khususnya di pedukuhan Onggowangsan dan Krajan, serta wilayah sekitar.

Penyembelihan hewan kurban ini, menurut Samsul, bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan mendekatkan diri kepada Alloh SWT.

“Sebagai rasa syukur karena kita telah diberikan banyak nikmat, kesehatan, dan rejeki. Harapannya bisa dinikmati oleh warga sekitar,” kata Samsul, yang didampingi Waka Humas Songsong Subiyanto, S.Pd.

Juga, kata Samsul, untuk meningkatkan solidaritas sosial bagi warga, bisa merasakan empati karena pandemi. Dengan adanya pembagian daging kurban bisa meningkatkan gizi atau imun, disamping menjalin silaturahmi atau hubungan sosial antara warga Bajangrejo dengan warga sekolah.

Jayadi Al, M.Pd, selaku Waka Kesiswaan juga mengungkapkan, sebagai bentuk apresiasi pada SMP yang telah berperan dan memberikan kontribusi untuk perkembangan siswa di SMKN 8 Purworejo, dari pihak sekolah memberikan bantuan berupa satu buah ekor kambing.

“Tahun ini, kambing kurban kita berikan ke SMPN 10 Purworejo. Banyak siswa baru kita berasal dari sana,” kata Jayadi, sambil menambahkan, dengan pemberian hewan kurban tersebut terjalin kerjasama yang baik, sehingga bisa mendapatkan calon-calon siswa untuk SMKN 8 Purworejo yang berprestasi baik.

Terpisah, Kepala SMKN 8 Purworejo Wahyono, S.Pd, M.P.d, menyampaikan, untuk kurban tahun ini, tidak melibatkan siswa, karena melihat situasi dan kondisi.

“Namun semangat yang luar biasa dari guru dan karyawan, sekaligus sebagai rasa syukur kita sebagai hamba Allah, doa kami semoga keluarga besar SMKN 8 Purworejo selalu sehat dan diterima amal ibadahnya, makin dilimpahkan rejekinya,diampuni segala khilaf dan dosa kita,” pungkas Wahyono. (Jon)