Ida Ayu Rusmarini Nominator Penerima Kalpataru 2020

    


Pelaksanaan verifikasi dan validasi nominator Penghargaan Kalpataru 2020 yang dilakukan melalui video conference, Selasa (9/6/2020) kemarin siang di Aula Puri Damai Banjar Tunon Singakerta, Ubud - foto: Catur/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Ir. Ida Ayu Rusmarini, MP., dinilai berdedikasi dalam mengembangkan tanaman obat-obatan, tanaman upakara, dan tanaman langka sejak 28 tahun silam.

Ia kemudian terpilih menjadi nominator penghargaan Kalpataru, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan.

Melalui surat nomor UN.26/KELING/BCA/PSL.3/5/2020, Kementerian meminta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar memfasilitasi pelaksanaan verifikasi dan validasi nominator Penghargaan Kalpataru 2020.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif dikerjakan, karena tanaman obat sendiri banyak memiliki manfaat untuk masyarakat khususnya di Gianyar,” kata Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Gianyar I Wayan Jati

Dikatakan Wayan Jati, budidaya tanaman langka dan obat-obatan yang ditekuni Ida Ayu Rusmarini juga meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Nantinya akan difasilitasi untuk bisa diproduksi dan dipasarkan kepada masyarakat luas,” jelasnya demikian.

Kepala Seksi Kerusakan Lingkungan Ni Made Roti menambahkan, awalnya ada 175 orang yang diseleksi dalam kategori pembinaan lingkungan ini. Lalu terpilih 20 dan mengerucut menjadi 10 besar untuk menerima penghargaan Kalpataru.

“Kegiatan Kalpataru yang diikuti Ida Ayu Rusmarini dikategorikan dalam pembinaan lingkungan,” kata Wayan Jati.

Sementara, Ida Ayu Rusmarini selaku nominator penghargaan Kalpataru 2020 mengungkapkan, rasa syukur dipercaya untuk mewakili Kabupaten Gianyar dalam kegiatan berskala nasional itu. (ning)