HUT ke 79 SMPN 1 Purworejo, ‘Berprestasi dan Ikhlas Berbagi di Masa Pandemi’

    


Pemotongan tumpeng oleh Kepala Sekolah SMPN 1 Purworejo, Sutarto, MPd, didampingi Ketua Komite Sekolah Agus Budi Supriyanto, dan diberikan kepada Prof Bandul Suratmo selaku perwakilan alumni, menandai puncak peringatan HUT sekolah ini yang ke 79, Rabu (20/10/2021) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Kepala Sekolah SMPN 1 Purworejo, Sutarto, MPd, didampingi Ketua Komite Sekolah Agus Budi Supriyanto, dan diberikan kepada Prof Bandul Suratmo selaku perwakilan alumni, menandai puncak peringatan HUT sekolah ini yang ke 79, Rabu (20/10/2021).

Dalam kegiatan yang berlangsung dengan penuh kesederhanaan ini, diikuti oleh undangan terbatas, dengan tetap menerapkan prokes ketat.

Hadir antara lain Asisten Administrasi dan Kesra Setda Purworejo, Drs Pram Prasetya Achmad, MM, Perwakilan Dindikpora Purworejo, Ketua Komite Sekolah Agus Budi Supriyanto, Sekretaris Jenderal Alumni SMP N 1 (PeDji) Basuki Tjokro, SSos, MSi, para guru, beberapa mantan Kepala SMPN 1, dan sejumlah badan usaha yang menjadi mitra sekolah.

Kepala SMPN 1 Purworejo menyampaikan, bahwa peringatan HUT Ke-79 ini cukup istimewa karena bertepatan dengan momentum Maulid Nabi Muhammad SAW. Menurutnya, 79 tahun merupakan usia yang sudah cukup matang. Hingga saat ini telah ada belasan ribu lulusan yang tersebar di penjuru dunia dengan berbagai profesi.

“HUT juga menjadi momentum introspeksi diri, melecut semangat, dan memotivasi menjadi lebih baik. Apalagi, SMPN 1 Purworejo ini dikenal sebagai sekolah favorit dan berada di pusat kota, kini juga harus berjibaku menjawab tantangan globalisasi,” ujar Sutarto.

Sistem zonasi, menurut Sutarto, juga membuat pihak sekolah menjaga kualitas output atau lulusan yang tetap berprestasi serta cakap menjawab tantangan zaman.

“Dewan guru kini harus bisa menjawab tantangan ini, perkembangan Iptek memaksa manajemen sekolah merubah paradigma dan cara berpikir. Semua harus dibuktikan dengan prestasi, baik akademik maupun non akademik,” jelasnya.

Bertemakan ‘Berprestasi dan Ikhlas Berbagi di Masa Pandemi’, jelas Sutarto, memiliki makna, keberadaan SMPN 1 Purworejo dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, terutama yang terdampak pandemi, yakni dengan cara berbagi.

“Kita bagi ratusan paket sembako untuk orangtua siswa yang membutuhkan, beberapa panti asuhan, serta masyarakat sekitar,” ungkap Sutarto.

Menurut Sunardi, SPd, Waka Humas sekaligus Ketua Panitia HUT ke-79 SMPN 1 Purworejo, paket sembako tersebut berasal dari sekolah, komite sekolah, paguyuban orang tua siswa, alumni lintas angkatan, serta donasi sejumlah badan usaha yang menjadi mitra sekolah.

“Dari 200 target yang kita harapkan, ternyata melebihi,” ujar Sunardi.

Dijelaskan pula, serangkaian kegiatan dilakukan untuk memeriahkan HUT SMPN 1 Purworejo yang ke 79, antara lain,
lomba paduan suara, dance, melukis, lomba 7 K Kelas, bercerita/story telling, dan video pendek. Ada juga lomba membuat tumpeng bagi siswa dan orang tua. Lomba-lomba yang digelar tersebut, sekaligus untuk mengasah bakat dan prestasi siswa.

“Pada Selasa (19/10/2021) malam digelar tasyakuran dan doa bersama,” pungkas Sunardi. (Jon)