Hiburan Tradisional Bakal Ramaikan Libur Lebaran di Purworejo

    


Foto: Ilustrasi

KORANJURI.COM – Selama libur lebaran, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo akan menggelar berbagai kesenian tradisional di alun-alun Purworejo pada sore dan malam hari. Kegiatan ini, selain untuk memberikan hiburan kepada masyarakat, juga untuk menyambut pemudik.

Hal itu disampaikan Kepala Dinparbud Purworejo, Agung Wibowo, bahwa untuk kesiapan masa libur Lebaran, semua objek wisata yang ada di Purworejo telah mempersiapkan diri.

“Yang sore di Alun-alun sebelah utara, kalau malamnya di amphitheater. Ini untuk mengobati rasa rindu pendatang ataupun pemudik yang asli dari Purworejo,” ujar Agung saat ditemui di kantornya, Jumat (24/5).

Kesenian ndolalak, kuda kepang, cing po ling, dan lain sebagainya, akan mengisi event yang akan dimulai pada H+1 Lebaran dan berlangsung selama empat hari.

Dibanding tahun lalu, kata Agung, event kali ini berbeda. Tahun lalu hanya digelar sore hari saja dan hanya tiga hari, sedangkan tahun ini digelar selama empat hari pada sore dan malam hari.

“Lebaran tahun ini kami upayakan sore dan malam. Para penampil dari grup kesenian lokal,” tuturnya.

Digelarnya event di alun-alun, lanjut Agung, karena alun-alun sudah menjadi salah satu ikon baru Kabupaten Purworejo. Dengan digelarnya event ini diharapkan akan lebih mendongkrak dan lebih mengenalkan bahwa Purworejo ini adalah kota yang betul-betul layak dikunjungi, penuh dengan seni budaya, dan wisatanya cukup bagus.

“Ibaratnya, alun-alun ini sebagai etalase kita. Dengan melihat di sana, mereka bisa masuk ke dalam berarti sudah banyak pariwisatanya,” paparnya.

Agung menambahkan, pihaknya berharap musim libur Lebaran bisa meningkatkan kunjungan wisata, utamanya di wilayah Purworejo. Ia menyebut, sudah banyak sekali objek-objek wisata baru di Purworejo, selain itu, beberapa objek-bojek wisata yang sudah ada juga semakin berbenah.

“Harapan kami semakin meningkatkan kunjungan wisata yang ada di Kabupaten Purworejo,” pungkas Agung. (Jon)