HBI Harap Pemerintah Ikut Terlibat Mengembangkan Profesi Bartender

    


Perayaan HUT Ke-1 Himpunan Bartender Indonesia (HBI) Wilayah Bali di Sand Beach Bar, Sanur - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Profesi bartender bukan hanya berada di belakang meja bar dan meramu minuman saja. Namun saat ini telah berkembang menjadi profesi yang sanggup memberikan prestasi. Bahkan, menurut Ketua Himpunan Bartender Indonesia (HBI) wilayah Bali, Bayu Hendra, banyak peluang prestasi yang dapat diraih di skala internasional.

Hal itu dikatakan Bayu Hendra pada HUT HBI Ke-1 yang diadakan di Sand Beach Bar, Sanur (26/3/2019). Hanya saja, sampai saat ini, pihaknya belum merasakan kehadiran pemerintah, terutama Provinsi Bali, dalam mensupport kegiatan para bartender tersebut.

“Kita berharap pemerintah ikut berperan. Mengingat, Bali banyak punya skill bagus dan rata-rata berlaga di tingkat internasional. Kalau mereka menggunakan biaya sendiri, rasanya cukup berat,” jelas Bayu Hendra.

Di tingkat nasional, bartender maupun bartendris asal Bali, menurut Bayu Hendra, telah membuktikan kemampuannua selalu berada di peringkat 3 besar dalam setiap ajang kompetisi. Bakat-bakat itu, Dikatakannya, perlu mendapatkan ruang yang lebih luas di tingkat internasional.

“Banyak juga prestasi internasional yang diraih bartender asal Bali. Kita di HBI berusaha memfasilitasi keberangkatan mereka ke luar negeri, meski nominal yang kita berikan nilainya minim. Tapi setidaknya, kami di organisasi sudah memberikan peluang untuk bakat-bakat asal Bali,” jelas Bayu Hendra.

Di usianya pertama, Himpunan Bartender Indonesia (HBI) pasang kecepatan tinggi untuk mengembangkan organisasi. Perayaan HUT Ke-1 itu dibarengi dengan kompetisi bartender. Pemenangnya akan dikirim ke Thailand untuk mengikuti ajang lebih tinggi.

Wakil Ketua HBI Komang Swasta menambahkan, dirinya memiliki harapan besar terhadap bakat-bakat bartender asal Bali untuk mendapatkan prestasi tinggi bukan hanya di Indonesia tapi juga di mancanegara.

Senada dengan Bayu Hendra, untuk mencapai itu, pemerintah diharapkan ikut berperan dan tidak memandang sebelah mata profesi bartender.

“Ketika bertandang dan bertanding di luar negeri, kita membawa nama negara, yang kita jaga dan perjuangkan adalah Merah Putih. Maka dari itu, sudah saatnya profesi bartender ini bisa sejajar dengan profesi lainnya, seperti atlit misalnya,” jelas Komang Swasta demikian. (Way)