Hari Minggu pun Bisa Bayar PKB via Samsat Car Free Day

    


Layanan Samsat Car Free Day di alun-alun Kebumen - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Untuk lebih memudahkan pelayanan terhadap masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan, Samsat Kebumen melakukan inovasi dengan pelayanan Samsat Car Free Day. Layanan ini, dilakukan setiap hari minggu di alun-alun Kebumen, dalam kegiatan Car Free Day (CFD).

Seperti yang terlihat pada Minggu (2/4) pagi. Masyarakat yang tengah berolahraga dan bersantai di CFD, menyempatkan diri mendatangi mobil samsat untuk membayar pajak kendaraan mereka. Cukup dengan membawa KTP asli dan STNK, pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan.

“Pelayanan kami cepat. Mereka juga bisa minum kopi/teh sambil bersantai, gratis,” ujar Kaur Regident Polres Kebumen, Iptu Tejo Suwono, SH, Minggu (2/4).

Tejo menjelaskan, layanan Samsat Car Free Day memang ditujukan untuk memudahkan masyarakat yang tidak sempat membayar pajak kendaraan mereka pada hari-hari kerja. Terbukti, masyarakat sangat antusias sekali dengan layanan ini. Di setiap hari Minggu layanan Samsat Car Free Day ini, rata-rata melayani lebih dari 100 wajib pajak.

Kaur Regident Polres Kebumen, Iptu Tejo Suwono, SH, bersama Suharyo, Kasi PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) dari Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Kebumen - foto: Sujono/Koranjuri.com

Kaur Regident Polres Kebumen, Iptu Tejo Suwono, SH, bersama Suharyo, Kasi PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) dari Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Kebumen – foto: Sujono/Koranjuri.com

Tejo, yang didampingi Suharyo, Kasi PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) dari UP2D (Unit Pelayanan Pendapatan Daerah) Kebumen menambahkan, Samsat Kebumen juga ada layanan Samsat Keliling setiap harinya, dengan jadwal yang berbeda-beda.

“Hari Senin di Prembun, Selasa di Kutowinangun, Rabu di Petanahan, Kamis di Ambal, Jum’at di Sruweng, dan Sabtu di Alian. Khusus di Gombong, ada Samsat Drive Thruu setiap harinya,” jelas Tejo, tentang jadwal mobil Samsat Keliling.

Suharyo juga menjelaskan, khusus di Samsat induk Kebumen, berbagai fasilitas telah dilengkapi untuk kenyamanan masyarakat saat membayar pajak. Fasilitas ini berupa arena bermain anak, ruang baca, tempat merokok, ruang laktasi (menyusui), ruang charger hp, serta kursi roda untuk lansia.

“Dari layanan samsat keliling dan Samsat Car Free Day, bisa memberi pemasukan pajak hingga Rp 500 juta tiap bulannya,” jelas Suharyo. (Jon)