Harga Tiket Naik, Bandara Saudale Rote Justru Kebanjiran Penumpang

    


Foto: Ilustrasi

KORANJURI.COM – Harga tiket pesawat yang mahal ternyata tak menyurutkan calon penumpang membeli tiket penerbangan. Di Bandara Saudale Rote Ndao, jumlah penumpang justru mengalami peningkatan di tahun 2019 ini.

“Pertumbuhan penumpang, datang dan berangkat serta kargo optimis akan mengalami peningkatan,” jelas Kepala Bandara DC Saudale S. Charles Malaikosa melalui KTU UPBU Bandara DC Saudale Kanis Keli, Kamis, 4 Juli 2019.

Di tahun 2018, jumlah penumpang yang datang ke pulau Rote sebanyak 33.031 orang dan keluar sebanyak 34.295 orang. Sedangkan cargo, di Januari hingga Juni 2019 ada 12.428 penumpang dan berangkat 12.869 penumpang.

“Sehingga kita optimis sampai Desember 2019 akan mencapai 34 ribu penumpang,” tambahnya.

Saat ini, jumlah penumpang rata-rata mencapai 72 orang per hari dan setiap tahun mencapai 12 ribu penumpang.

“Arus penumpang terus mengalami peningkatan, mencapai 72 orang per hari,” ujarnya.

Dijelaskan Kanis Kelli, tingginya animo masyarakat menggunakan jasa penerbangan disebabkan kepastian jadwal penerbangan setiap hari Wings Air ATR 72 berkapasitas 72 kursi.

“Khusus barang yang keluar dari Rote melalui Bandara Dc Saudale lebih banyak didominasi produk lokal dengan tujuan Kupang dan diluar NTT,” jelasnya.

Kenaikan penumpang ini, menurut Kanis memberikan gambaran kehidupan sosial masyarakat di Rote sebagai ibu kota Kabupaten terus meningkat. Pertumbuhan ekonomi daerah juga semakin menggembirakan.

Selain itu, lanjutnya, pengamanan di bandara DC Saudale juga semakin meningkat

“Kami berkomitmen untuk menjadikan Bandara Rote sebagai pintu masuk utama pariwisata. Sehingga, pengawasan lebih diintensifkan kepada orang-orang yang dicurigai maupun barang-barang terlarang seperti narkoba,” katanya. (Zak)