Hadapi Musim Hujan, Bupati Purworejo Siapkan Langkah Mitigasi Bencana

    


Bupati Purworejo Agus Bastian saat memberikan arahan pada Rakor Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Penghujan Tahun 2019-2020 di Pendopo Kabupaten Purworejo, Rabu (4/12) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Menghadapi musim penghujan yang dimungkinkan akan terjadi pada Desember ini atau Januari mendatang, masyarakat diminta untuk siaga menghadapi potensi bencana.

Hal itu disampaikan Bupati Purworejo Agus Bastian, dalam rapat koordinasi (rakor) Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Penghujan Tahun 2019-2020 di Pendopo Kabupaten Purworejo, Rabu (4/12).

“Kabupaten Purworejo yang termasuk berpotensi bencana, maka dibutuhkan pencegahan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana,” ujar bupati.

Ditambahkan bupati, dalam bulan pancaroba dari perubahan musim kemarau ke musim hujan ini biasanya terjadi bencana tanah longsor, banjir, puting beliung, dan bencana lainnya.

“Maka rakor kesiapsiagaan menghadapi musim hujan ini dirasa sangat penting guna menyiapkan langkah menghadapi potensi bencana,” terang bupati, dihadapan sekitar 500 peserta rakor, dari unsur perangkat desa, Polsek, Koramil, dan perwakilan komunitas relawan se-Kabupaten Purworejo.

Dalam rakor itu Bupati juga menyerahkan bantuan tiga unit perahu fiber kepada tiga kecamatan yakni Purwodadi, Bagelen dan Butuh. Ketiganya merupakan daerah rawan bencana banjir, sehingga bantuan perahu fiber sangat dibutuhkan.

Lebih jauh Bupati mengatakan, Pemkab Purworejo terus berupaya setiap tahunnya dalam melakukan antisipasi datangnya musim hujan. Disamping bantuan perahu fiber, juga kesiapan sumberdaya manusia, anggaran, peralatan dan logistik. (Jon)