Gubernur Instruksikan Razia Vila Ilegal, Satpol PP Siapkan Langkah

oleh
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bali I Dewa Made Rai Dharmadi - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bali menyiapkan langkah-langkah strategis untuk melakukan penindakan terhadap pelanggaran yang dilakukan wisatawan nakal maupun akomodasi pariwisata yang melanggar aturan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bali I Dewa Nyoman Rai Dharmadi mengatakan, pihaknya bersama Satpol PP Kabupaten/Kota menyiapkan rencana aksi jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

“Setiap bulan akan dievaluasi oleh Pak Gubernur, per kabupaten dan Kota, inilah yang kita dorong dan secara mandiri maupun gabungan kita juga akan turun,” kata Dewa Rai Dharmadi, Rabu (31/5/2023).

Bali telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2023 tentang tatanan baru bagi wisatawan mancanegara selama berada di Bali. Dalam SE itu, pemerintah Provinsi Bali mengeluarkan aturan terbaru untuk wisatawan asing berupa narasi tunggal Do’s and Don’ts.

Aturan tersebut memuat 8 larangan untuk wisman selama berada di Bali. Dalam regulasi yang sama, juga terdapat poin penertiban akomodasi wisata ilegal seperti vila maupun penginapan tak berijin.

Dalam Surat Edaran terbarunya itu, Gubernur Bali Wayan Koster juga menyoroti menjamurnya rental kendaraan yang tak mengantongi ijin resmi dan tidak tergabung dalam organisasi yang mewadahi.

“Kita masih mengumpulkan data-data yang ada di Kabupaten/Kota. Dari data itu kita baru kita akan masuk untuk melakukan pemetaan, apa yang dilakukan oleh mereka, pendataan itu yang terpenting,” ujarnya.

Di sisi lain, Gubernur Bali Wayan Koster meminta Kabupaten/Kota melakukan operasi terhadap vila-vila ilegal, termasuk homestay.

“Banyak vila ilegal, banyak homestay, wisatawan banyak menginap di situ dan itu tidak dikenakan pajak hotel restoran sehingga merugikan Bali. Pasti merugikan karena tdk membayar pajak hotel dan restoran,” jelas Gunernur. (Way)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News