Gubernur Datangi Posko Logistik Tanah Ampo

    


Posko Logistik pengungsi Gunung Agung di Tanah Ampo, Karangasem - foto: Wahyu Siswadi/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Gubernur Bali I Made Mangku Pastika meninjau Pos Komando (Posko) Tanggap Darurat Bencana Erupsi Gunung Agung yang berlokasi di Tanah Ampo, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali Senin, 4 Desember 2017.

Saat peninjauan, Gubernur Bali berpesan untuk para penyintas supaya bersabar dalam menghadapi situasi sekarang ini. Hal tersebut menanggapi keresahan warga yang harus mengungsi karena ancaman erupsi Gunung Agung.

“Ya resahlah, ya sabarlah, di sini diperlukan kesabaran. Cari kegiatan. Banyak pekerjaan di kota, misalnya orang membutuhkan tukang. Kesempatan itu masih banyak,” ujar Pastika, Senin, 4 Desember 2017.

Gubernur melihat warga yang mengungsi lebih beruntung dibandingkan para penyintas saat letusan 1963. Pemerintah saat itu tidak memberikan perhatian penuh terhadap warga yang mengungsi.

“Siapa yang dapat menghentikan gunung itu. Apabila warga penyintas mengalami penderitaan sekarang diharapkan untuk bersabar,” kata Pastika.

Kunjungan Gubernur ke Posko sekaligus ingin memastikan stok barang di Gudang logistik mencukupi untuk kebutuhan pos pengungsian.

Data pengungsi hingga 3 Desember 2017 kemarin tercatat sebanyak 60.049 jiwa yang tersebar di 214 titik. Sebaran pengungsi terbanyak berada di Kabupaten Karangasem dengan 117 titik atau 34.228 jiwa. Pos pengungsi tersebar di 9 kabupaten, seperti Buleleng, Klungkung, Karangasem, Bangli, Tabanan, Kota Denpasar, Gianyar, Badung dan Jembrana. (*)