Gubernur Canangkan Vaksinasi Booster di Bali, Masyarakat Boleh Ikuti Secara Gratis

    


Gubernur Bali Wayan Koster mencanangkan vaksinasi booster di Wantilan gedung DPRD Provinsi Bali, Rabu, 12 Januari 2022 - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Vaksinasi booster digelar serentak di 34 Provinsi di Indonesia, Rabu, 12 Januari 2022. Bali menjadi salah satu provinsi yang melaksanakan vaksinasi booster itu dengan memvaksin sekitar 500 orang.

Sasaran utama pemberian vaksin pendorong ini adalah lansia dan masyarakat yang telah menerima vaksin 6 bulan sejak vaksin kedua. Selain itu, Bali menjadi wilayah dengan capaian vaksinasi diatas 102 persen dan lansia diatas 83 persen sehingga berhak melaksanakan vaksinasi booster.

Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, target vaksinasi booster dilakukan secepat mungkin dengan melihat ketersediaan vaksin yang ada.

“Ini sebagai upaya membangun Bali khususnya di bidang perekonomian. Mulai 12 Januari vaksinasi booster diberikan secara gratis kepada masyarakat yang telah memenuhi syarat,” jelas Gubernur di Wantilan DPRD Provinsi Bali, Rabu, 12 Januari 2022.

Menurut Koster, dirinya mengawal secara langsung pelaksanaan vaksinasi di Bali sejak vaksinasi tahap pertama, kedua hingga vaksinasi anak usia 12-17 tahun dan vaksinasi anak 6-11 tahun.

“Astungkara, kita targetkan vaksinasi anak sebulan lagi sudah selesai,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Wayan Suarjaya menambahkan, ketersediaan vaksin yang ada di Provinsi Bali saat ini mencapai 280.000 dosis. Vaksin yang ada jenis Sinovac, Moderna, Astra Zeneca dan Pfizer.

“Pemberian setengah dosis atau 1/4 cc,” ujar Suarjaya.

Hingga masuk tahapan vaksinasi booster ini, grafik penyebaran covid-19 di Bali terlihat semakin melandai. Angka penularan harian rata-rata 4 orang per hari, kesembuhan rata-rata per hari 11 orang atau 96,4%.

Sedangkan, kasus aktif yang dirawat di rumah sakit stabil di angka dua digit atau maksimal 40 orang per hari. (Way)