Gubernur Apresiasi Jamaruli Manihuruk Selama Bertugas di Bali

    


Serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Kanwilkumham Provinsi Bali antara pejabat lama Jamaruli Manihuruk kepada pejabat baru Anggiat Napitulu di The Trans Resort Bali, Rabu, 11 Mei 2022 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Gubernur Bali Wayan Koster memberikan apresiasi atas dedikasi yang ditunjukkan Kepala Kanwilkumham Bali Jamaruli Manihuruk selama bertugas di Bali.

Jamaruli Manihuruk saat ini bergeser posisi dengan jabatan baru sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM Kemenkumham RI.

Posisi Jamaruli digantikan oleh Anggiat Napitupulu yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan.

Atas dedikasinya, Pemprov Bali memberikan penghargaan Kerthi Bali Sewaka Nugraha kepada yang Jamaruli atas kinerja dan dukungan yang ditunjukkan selama bertugas di Bali.

“Penghargaan ini diberikan kepada pimpinan instansi vertikal di Bali yang dinilai memiliki kontribusi besar bagi masyarakat Bali,” kata Gubernur dalam sambutan yang dibacakan Wagub Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Rabu, 11 Mei 2022.

Dedikasi itu, kata Gubernur, salah satunya diwujudkan dalam mewujudkan visi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

“Atas dukungan dari berbagai komponen, khususnya Kanwil Kemenkumham, Bali menjadi salah satu daerah dengan penanganan Covid-19 terbaik,” ujarnya.

Bali sebagai destinasi wisata dunia yang banyak dikunjungi orang asing, menjadi satu Provinsi di Indonesia dengan pengendalian covid-19 sangat baik.

Sedangkan, pendeportasian WNA yang melanggar aturan protokol kesehatan, tetap ditegakkan di tengah kelesuan sektor pariwisata akibat pandemi.

Koster mengaku, langkah yang diambil oleh Kanwilkumham Bali menunjukkan ketegasan dengan tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat Bali.

“Saya juga mengapresiasi tindakan tegas dalam menindak WNA yang melakukan pelecehan budaya Bali dan merusak citra pariwisata,” kata Koster.

Selain sumbangsih penanganan Covid-19 dan ketegasan dalam menjatuhkan sanksi deportasi untuk WNA yang melanggar aturan, Jamaruli Manihuruk juga dinilai berkontribusi dalam peningkatan kualitas peraturan daerah. (Way)