Grebeg Pasar, Kampanye KB untuk Pedagang Usia Subur

    


Kunjungan ke para pedagang pasar Redin, Gebang, dalam Grebeg Pasar, Senin, 26 Maret 2018 - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dinas Sosial Kependudukan, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Purworejo, (Dinsosduk KBPPPA) bekerja sama dengan Pengurus Daerah Aisyah Purworejo, melaksanakan kegiatan Grebeg Pasar (Gerakan Pemberdayaan Keluarga Pas Sasaran) dan bakti sosial Aisyah KB Kesehatan di Pasar Redin, Gebang, Senin (26/3).

Grebeg Pasar ini, dibuka secara resmi oleh Plt Kepala Dinsosduk KBPPPA Kabupaten Purworejo, Drs Muh Wuryanto, dan dihadiri oleh jajaran Muspika Kecamatan Gebang, pengurus Aisyah Purworejo, dan para akseptor.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan para pedagang turut berpartisipasi untuk mengikuti KB, khususnya bagi pasangan usia subur,” ujar Muh Wuryanto dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan kunjungan ke pasar Redin, dan melakukan dialog dengan para pedagang, sekaligus mensosialisasikan program KB, serta pembagian paket sembako.

Kabid KB Dinsosduk KBPPPA Kabupaten Purworejo, Saroni mengatakan, kegiatan Grebeg Pasar, selain menjaring akseptor, juga ada pelayanan KB gratis. Diharapkan, dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, khususnya para pedagang untuk mengikuti program KB, kedepan, akan terjadi peningkatan ekonomi keluarga.

Sekdin Dinsosduk KBPPPA Kabupaten Purworejo, Drs Sukusyanto, MM, saat menerima penghargaan dari BKKBN, karena mendapat prestasi terbaik dalam Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga tahun 2018 - foto: Sujono/Koranjuri.com

Sekdin Dinsosduk KBPPPA Kabupaten Purworejo, Drs Sukusyanto, MM, saat menerima penghargaan dari BKKBN, karena mendapat prestasi terbaik dalam Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga tahun 2018 – foto: Sujono/Koranjuri.com

“Sudah terdaftar 80 peserta akseptor dalam pelayanan KB gratis ini. Sebagian besar anggota Aisyah dan para pedagang, serta warga sekitar,” jelas Saroni.

Menurut Frin Erma Nurhayati, Ketua PD Aisyah Purworejo, ditargetkan ada 100 akseptor baru yang terjaring dalam bakti sosial tersebut. Dia berharap, bisa terjalin kerjasama yang makin erat, dalam mensosialisasikan program KB ini.

“Kita meresponnya dengan pelayanan KB di RS Aisyah Purworejo, dan tidak hanya di acara bakti sosial saja,” ujar Frin Erma Nurhayati

Terpisah, Made Sri Wardani, Kasi Advokasi, Informasi dan Edukasi menjelaskan, kegiatan Grebeg Pasar sangatlah strategis, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat lapisan paling bawah

“Kalau dalam sosialisasi, kita mengundang. Dalam Grebeg Pasar, kita bisa jemput bola, langsung ke sasaran,” terang Made Sri Wardani.

Lebih jauh Made Sri Wardani menjelaskan, bahwa di tahun 2018 ini, Dinsosduk KBPPPA Kabupaten Purworejo mendapat penghargaan dari BKKBN, karena prestasinya, yakni, Pengelolaan Terbaik Updating Data Base Secara Online POKTAN (BKB, BKL dan UPPKS) tahun 2017, serta Pengelolaan Advokasi KIE Terbaik se Jateng.

Prestasi ini, merupakan bagian dari Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga. Penghargaan diterima oleh Sekdin Dinsosduk KBPPPA Kabupaten Purworejo, Drs Sukusyanto, MM, pada Selasa (20/3) di Hotel Patrajasa, Semarang. (Jon)