Grafik Kasus DBD di Gianyar Mulai Menurun, Bulan Juni 173 Kasus

    


Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar ketika melakukan fogging di wilayah Desa Saba, Blahbatuh Gianyar beberapa waktu lalu - foto: Catur/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Gianyar per bulan Juni 2020 mengalami penurunan signifikan. Pada bulan Juni 2020 tercatat 173 kasus DBD, tanpa adanya pasien meninggal.

Hal ini disampaikan oleh Kabid P2 Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, Anak Agung Anom Sukamawa, Minggu (12/7/2020).

“Astungkara untuk bulan Juni 2020 ini kasus DBD di Kabupaten Gianyar menurun drastis. Dari data yang kami miliki, tercatat 173 kasus di bulan Juni 2020. Semoga ini terus menurun,” ujarnya.

Sebelumnya, mulai bulan Januari 2020 terdapat 132 kasus DBD. Kemudian pada bulan Februari sebanyak 132 kasus, bulan Maret sebanyak 279 kasus dengan 1 kasus meninggal dunia. Kemudian pada April sempat mengalami peningkatan sebanyak 495 kasus dengan 2 orang meninggal dunia.

Lalu pada bulan Mei mengalami penurunan menjadi 348 kasus dan bulan Juni terdapat 173 kasus.

Anak Agung Anom Sukamawa mengatakan, angka penurunan ini terjadi karena masyarakat mulai sadar untuk pola hidup sehat dan menjaga lingkungan tetap bersih.

“Perilaku hidup bersih dan sehat sudah serentak dilakukan untuk memutus tempat berkembang biaknya jentik-jentik nyamuk yakni, dengan membersihkan genangan air dan tumpukan sampah,” imbuhnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar juga rutin melakukan fogging di daerah yang terjadi kasus DBD.

“Jika ada laporan di suatu wilayah ada kasus DBD, maka kami lakukan fogging, sesuai dengan SOP,” jelasnya. (ning)