‘Goresan Emas Untuk Negeri’ Batik Danar Hadi Akan Dihadiri Presiden Joko Widodo

    


Konferensi pers dalam rangka Milad ke-50 Batik Danar Hadi, Solo - foto: Djoko Judianto/Koranjuri.com

KORANJURI.COM- Milad ke-50 Batik Danar Hadi rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, dengan mengusung tajuk ‘Goresan Emas Untuk Negeri’.

“Pada acara syukuran ke-50, Batik Danar Hadi mempersembahkan tarian Bedaya Tumaruntun atau tumurun yang dimaknai berkelanjutan pewaris kebudayaan kepada generasi penerus, disertai nilai-nilai luhur kehidupan,” Kata Dewanto Santosa, salah satu putra pendiri Batik Danar Hadi dihadapan awak media, Jumat, 8 Desember 2017.

Dewanto menambahkan, Batik Danar Hadi juga akan melaunching sekaligus menyerahkan buku 50 Tahun Perjalanan Batik Danar Hadi kepada Presiden Republik Indonesia, beserta para tokoh nasional yang telah bersama sama komitmen berjalan bersama Batik Danar Hadi menjaga, memelihara dan mengembangkan batik sebagai warisan budaya Indonesia.

Perjalanan Batik Danar Hadi selaku perusahaan pendukung dan pemelihara fine art warisan budaya bangsa Indonesia diawali pada tahun 1967 oleh pasangan Doellah Santosa dan Danarsih Hadi Priyono.

“Usaha batik turun temurun sudah ada di dalam generasi keluarga,” imbuh Dewanto.

Pada awalnya Danar Hadi hanya mempekerjakan 20 orang pembatik dengan memproduksi Jarit Wonogiren yang saat itu tengah tren di masyarakat.

“Untuk membedakan produk batik buatannya, Doellah lantas memutuskan menggunakan nama Danar Hadi sebagai merek dagangnya,” pungkas Dewanto Santosa. (Jud)

Hits: 0