Giri Prasta Janjikan 12 Tahun Sekolah Gratis

    


Deklarasi Relawan Giriasa Kuta Utara - Foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Badung I Nyoman Giriprasta dan I Ketut Suiasa (Giriasa) memiliki fokus program pendidikan 12 tahun sekolah gratis. Mengacu pada UU No. 20 tentang pendidikan Nasional, pasangan Cabup-Cawabup ini mengatakan, 20 persen APBD wajib untuk sektor pendidikan yang dikuatkan dengan PP No. 17.

Siswa dari tingkat sekolah dasar hingga diploma, kata Giri Prasta, akan mendapatkan komputer gratis per orang. “Kami yakini insfratruktur pendidikan itu baik, pasti akan menghasilkan tunas – tunas bangsa ya g berkualitas,” kata Giri Prasta saat pengukuhan dan pelantikan relawan Giriasa di GOR Kerobokan.

Sementara, program lain yang dibidik Giriasa antara lain sektor pertanian. Ia memiliki wacana membentuk unit reaksi cepat (URC) untuk merespons laporan permainan hasil pertanian oleh para tengkulak. Tim URC ini melibatan PNS yang diwajibkan turun ke lapangan untuk menyerap keluhan petani.

“URC Tim inflasi daerah untuk Badung pasti kita akan buatkan untuk kepentingan bersama,” ujar Giri Prasta.
Membludaknya sumber daya manusia yang belum terserap dunia kerja juga menjadi sorotan yang masuk dalam program kerja cabup dan cawabup ini. Giri Prasta menyatakan, ia akan mengupayakan membangun pusat pelatihan kerja yang berbasis di pedesaan. Jangkauannya adalah desa yang berbasis teknologi informasi.

Dalam pengembangannya, pelatihan IT itu akan berdampak pada kemudahan layanan yang disediakan oleh pemerintah.
“Artinya ketika ada rawat inap jangan sampai masyarakat tidak dapat kamar. Itu komitmen kami dan di desa wajib ada ambulan untuk percepatan pelayanan kesehatan,” jelas Giri Prasta.

Terkait dengan program Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM) yang digulirkan Pemprov Bali, Giri Prasta punya pandangan berbeda. Pihaknya tetap menghormati layanan kesehatan berbasis KTP itu. Namun di Kabupaten Badung, dikatakan sudah ada Jaminan Kesehatan Krama Badung (JKKB) Mangu Waras yang diperuntukkan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Badung.

“JKBM kita hormati itu, sekalipun APBD kita sumbang 20 miliar untuk JKBM itu,” kata Giri Prasta.

Pasangan I Nyoman Giri Prasta- I Ketut Suiasa didukung 29 anggota fraksi dari 40 anggota DPRD diantaranya, 16 anggota PDI Perjuagan, 1 Nasdem, 2 Hanura, 10 anggota dari fraksi Partai Golkar. Penglingsir Puri Ageng Mengwi, Anak Agung Gede Agung juga terang-terangan menyatakan sikapnya mendukung pasangan paket ini.

agw