Gerakan Vaksinasi SMK YPP Purworejo, Sediakan 600 Dosis Vaksin untuk Siswa

    


Kepala SMK YPP Purworejo, Mugi Widodo, S.Pd, saat memantau jalannya vaksinasi, Senin (27/09/2021) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bekerjasama dengan Puskesmas Banyuurip, SMK YPP Purworejo mengadakan kegiatan vaksinasi untuk siswa, yang dilaksanakan Senin (27/09/2021).

Sebanyak 600 dosis disediakan dalam vaksinasi jenis Sinovac tersebut, dengan melibatkan 24 nakes.

Menurut Kepala SMK YPP Purworejo, Mugi Widodo, S.Pd, vaksinasi ditujukan khusus untuk siswa kelas X dan IX.

“Jumlah siswa kami secara keseluruhan 958 anak, 47 diantaranya sudah vaksin. Vaksinasi juga diikuti 22 siswa dari SMP Diponegoro,” ujar Mugi, yang memantau langsung jalannya vaksinasi.

Dalam vaksinasi ini, ungkap Mugi, selain adanya skreening biasa sebelum divaksin, juga ada skreening kesehatan bagi siswa untuk mengecek kesehatan gigi, mulut, mata dan lainnya. Skreening kesehatan ini, rutin dilakukan setahun sekali.

“Kebetulan jadwalnya pas bersamaan dengan program vaksinasi ini, jadi sekalian,” kata Mugi.

Tujuan dari vaksinasi ini, terang Mugi, ikut mensukseskan program pemerintah terkait vaksinasi, juga untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh siswa.

Dengan adanya vaksinasi, Mugi berharap, imunitas siswa bertambah, menjadikan siswa tambah sehat dan kuat.

“Vaksinasi ini dilakukan untuk persiapan simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Karena syarat untuk bisa melakukan PTM, harus ada simulasi dan visitasi, dengan pendukung vaksinasi ini,” jelas Mugi.

Terpisah, Kepala Puskesmas Banyuurip, dr Halawiah menjelaskan, dalam vaksinasi yang berlangsung sehari ini berjalan lancar.

“Disini kita menerjunkan 3 tim, dengan anggota 8 orang per tim. Vaksinasi terus dilakukan untuk memperceoat memutus mata rantai Covid-19,” pungkas Halawiah. (Jon)