GenBi dan JCI, Aktifis Pemuda di Bidang Lingkungan Jadi Penggerak WCD di Karangasem

    


Alumni Miss Universe 2015 bersama Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Petinggi Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bali dan Generasi Baru Indonesia (GenBi) sebagai penerima beasiswa Bank Indonesia dan Junior Chamber International (JCI) saat menggelar gerakan kampanye serentak di dunia World Cleanup Day 2019 di Desa Adat Sidemen, Karangasem, Bali, Sabtu, 21 September 2019 - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 3 Universitas di Bali terlibat dalam World Cleanup Day (WCD) 2019 di Desa Adat Tabola, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Sabtu, 21 September 2019. Mereka tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBi) sebagai penerima beasiswa dari Bank Indonesia.

Ketua GenBi Provinsi Bali Putu Ananta Pramagita menjelaskan, World Cleanup Day menjadi bagian dari kegiatan ‘Bersih Indonesia’ yang secara rutin dilakukan setahun sekali. Tahun ini GenBi juga bekerja bareng dengan Junior Chamber International (JCI) Bali bersama para alumni Miss Universe 2015 yang hadir dari 14 negara.

“Harapannya generasi muda dapat menemukan kesadaran dan peduli terhadap lingkungan,” jelas Putu di Desa Adat Sidemen, Sabtu, 21 September 2019.

Karangasem yang saat ini mulai menggeliat dengan branding ‘The Spirit of Bali’, secara tidak langsung mendapat umpan balik dari kedatangan Miss Universe angkatan 2015. Putu Ananta mengatakan, promosi wisata secara tidak langsung akan didapat oleh Kabupaten di ujung Timur Pulau Bali itu.

Sebagai publik figur dunia, kehadiran finalis putri kecantikan itu, akan mendongkrak kunjungan wisata di berbagai destinasi yang ada di Karangasem. Banyak destinasi maupun spot wisata menarik yang dapat dikunjungi.

“Pasti mereka punya medsos, dari foto-foto yang ada selama di Karangasem, diharapkan dapat menunjukkan bahwa Bali aman untuk dikunjungi, ” ujarnya.

Chair Person World Cleanup Day untuk JCI Indonesia Dewa Ayu Istri Idayati mengatakan, JCI Bali punya komitmen mendukung Kabupaten Karangasem dalam upaya recovery perekonomian paska erupsi Gunung Agung. Menurut Dewa Ayu, Karangasem punya potensi besar wisata untuk dikembangkan.

“Kami merasa Karangasem ini memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan, terutama dengan pariwisatanya dengan tetap menjaga orisinalitasnya,” jelas Dewa Ayu.

Dengan menggandeng Miss Universe dalam menggelar World Cleanup Day 2019, dirinya meyakini akan terjadi peningkatan kunjungan wisata ke Karangasem. Sejumlah program JCI di bidang pariwisata diantaranya brotherood camp. Kegiatan itu mengundang seluruh anggota JCI dari 127 negara yang dilakukan di Bali.

“Itu salah satu dukungan kami di bidang pariwisata. brotherood camp sendiri diadakan di bulan Agustus 2019,” jelasnya demikian.

Selama berada di Karangasem, para putri cantik itu akan mengunjungi sejumlah spot wisata diantaranya Taman Sukasada Ujung. Mereka juta akan mengunjungi destinasi wisata Sanur. (Way)