Gelombang Tinggi Terjang Pantai Kebumen

    


Pengunjung pantai di Kebumen diminta waspada, terkait tingginya gelombang akhir-akhir ini - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Beberapa hari terakhir ini, gelombang pantai di Kebumen cukup tinggi. Menyikapi hal tersebut, Polres Kebumen menghimbau kepada wisatawan yang berkunjung ke pantai untuk meningkatkan kewaspadaan.

Hal ini disampaikan langsung Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede melalui Kasubbag Humas Kompol Suparno di ruang kerjanya, Selasa (11/06) siang.

“Berdasarkan hasil pantauan kami di lapangan, beberapa hari terakhir ini ada kejadian alam gelombang tinggi di sepanjang garis pantai di Kebumen. Laporan yang diterima, hingga siang ini untuk Pantai Suwuk, ada 20 warung tergenang air,” jelas Suparno.

Melalui patroli Polwan dan Polsek, lanjut Suparno, pihaknya menghimbau secara langsung kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati saat berekreasi ke pantai.

Data yang diperoleh, Polres Kebumen, untuk Pantai Setrojenar Kecamatan Buluspesantren, terjadi gelombang pasang setinggi 5 sampai 7 meter. Bahkan air telah menuju daratan sejauh 20 sampai 50 meter.

Sedangkan untuk Pantai Ambal, kurang lebih 30 warung terkena dampak langsung akibat gelombang pasang tersebut.

Untuk Pantai Ceriwik Kecamatan Puring, air telah menuju daratan sejauh 20 hingga 50 meter. Hal tersebut juga dibarengi dengan gelombang setinggi 5-7 meter yang mengakibatkan 20 warung yang terbuat dari bambu harus rusak.

“Kejadian ini (gelombang tinggi) merata di Kebumen. Semua pantai di Kebumen mengalami gelombang tinggi,” terang Suparno.

Bahkan melalui video yang beredar melalui chatting WhatsApp yang tengah Viral, terlihat warga dan pedagang berhamburan menghindari kejaran gelombang tinggi di sebuah pantai di Kebumen. (Jon)