Gelar Pasukan Operasi Zebra Dari Polres Purworejo

    


Penyematan pita, tanda dimulainya Operasi Zebra 2016 oleh Kapolres Purworejo, AKBP Satrio Wibowo, SIK, Rabu (16/11) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Mulai hari ini, selama 14 hari kedepan, dari tanggal 16-29 November 2016, Operasi Zebra Candi 2016 dimulai. Operasi dilakukan serentak seluruh Indonesia.

Apel gelar pasukan Operasi Zebra 2016, di jajaran Polres Purworejo dilakukan Rabu (16/11), di halaman Mapolres Purworejo. Apel diikuti anggota kepolisian, serta dari Dinas Perhubungan, dan TNI, dipimpin oleh Kapolres Purworejo, AKBP Satrio Wibowo, SIK.

“Apel gelar pasukan dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukungnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan lancar, optimal, dan berhasil sesuai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan,” jelas Satrio Wibowo.

Operasi Zebra dilakukan, kata Satrio, untuk cipta kondisi menghadapi kegiatan malam tahun baru. Dalam hal ini, polisi akan melakukan penindakan terhadap pelanggaran secara humanisme.

“Tujuan utamanya, untuk menekan angka kecelakaan dan fatalitas korban lakalantas,” terang Satrio.

Untuk diketahui, jelas kapolres, jumlah kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2015, sejumlah 1.895 kejadian. Angka ini mengalami penurunan 17 % (375 kejadian), dibanding tahun 2014, sejumlah 2.270 kejadian.

Jumlah korban meninggal dunia pada Operasi Zebra 2015 sejumlah 365 orang. Jumlah ini menurun 20 % (89 orang), dibanding tahun 2014, sejumlah 454 orang.

Jumlah pelanggaran lalu lintas dalam Operasi Zebra 2015 sejumlah 634 orang. Dan jumlah pelanggaran lalu lintas secara keseluruhan selama tahun 2015 sejumlah 684.973. Pelanggaran dengan tindakan tilang selama 2015 sejumlah 550.772, dan surat teguran sebanyak 23.515 lembar.

“Oleh sebab itu, diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah yang bertanggungjawab dalam membina dan memelihara kamseltibcar lantas, sehingga tercipta perpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas,” tandas Satrio Wibowo.

Terpisah, Kasatlantas Polres Purworejo, AKP Johan Valentino Nanuru, SIK, menjelaskan, dalam Operasi Zebra kali ini, pihaknya menerjunkan 71 personel, yang merupakan gabungan dari beberapa satuan fungsi.

Beberapa jenis pelanggaran yang jadi target utama operasi, diantaranya, tidak mengenakan helm, melawan arus, melanggar rambu-rambu, melanggar marka, tidak memakai sabuk pengaman, kendaraan tidak untuk peruntukannya, juga kendaraan melebihi muatan. Pelanggaran kasatmata juga tak luput dari target operasi.

“Masyarakat agar melengkapi diri dengan surat-surat dan kelengkapan kendaraan, jangan melanggar rambu-rambu, marka, dan mengenakan helm, serta sabuk pengaman,” himbau kasatlantas.
 
 
Jon